Tata Krismantara

Sabtu, 08 Januari 2022

 

SD NEGERI NGUWET KEC.KRANGGAN TEMANGGUNG

MELAKSANAKAN VAKSIN TAHAP 1



Nguwet, 8 Januari 2022.

             Pada hari sabtu 8 januari 2022 SD Negeri Nguwet Kecamatan Kranggan Temanggung melaksanakan Vaksin tahap 1 untuk siswa-siswi .

Kegiatan pelaksanaan Vaksin tahap 1 ini di lakukan dengan berkolaborasi dengan tenaga kesehatan dari Puskesmas Pare Kecamatan Kranggan Temanggung dan di hadiri oleh Anggota Polsek Kecamatan Kranggan selaku Satgas Covid-19.  Kegiatan di mulai pukul 8.00 sampai dengan pukul 11.00 di ruang kelas 6b.

 Seluruh siswa dan siswa SD Negeri Nguwet melaksanakan Kegiatan Vaksin tahap 1 ini dengan sangat antusias dan gembira dengan di dampingi oleh Bapak Ibu Guru Kelas masing-masing.

 


Sebelum di Vaksin semua Murid di lakukan screening  terlebih dahulu oleh Petugas dari Puskesmas Pare. Dan Puji syukur semua Murid bisa lolos screaning sehingga bisa mengikuti Vaksinasi dengan baik. 


Puji Syukur pelaksanaan Vaksin tahap 1 ini berjalan dengan baik dan lancar dari awal sampai akhir. 
 





Rabu, 17 November 2021

 

RANCANGAN TINDAKAN UNTUK AKSI NYATA

Modul 3.2.a.10

Oleh ; Tata krismintoro. CGP Angkatan 2

Judul Modul      : 3.2. Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

A.   Latar Belakang :

Bahwa SD Negeri Nguwet terletak di lingkungan Industri. Yang membutuhkan lingkungan yang hijau dan sejuk untuk mengurangi dampak yang timbul. Setelah melakukan pemetaan Aset sekolah di dapatkan bahwa masih adanya lahan kosong yang bisa di manfaatkan.  

B.    Tujuan :

Membuat Taman sekolah menuju lingkungan sekolah yang ramah anak. yang sekaligus taman sebagai laboratorium sekolah untuk menunjang pembelajaran .

 

C.    Tolak Ukur :

Terciptanya lingkungan hijau dan ramah anak untuk meningkatkan  Minat, Aktivitas, dan belajar murid .

 

D.   Lini masa tindakan yang akan dilakukan :

Buat Pertanyaan

Bagaimana caranya memanfaatkan sumber daya yang ada di sekolah?

Setelah melakukan pemetaan asset maka menemukan asset lingkungan yang bisa di manfaatkan dan di kembangkan .dengan memanfaatkan asset lingkungan  yang dapat digunakan untuk mengurangi polusi dan meunjang  minat, aktivitas, dan hasil belajar belajar murid ..

 

Ambil Pembelajaran

Sumber daya apa yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan minat, aktivitas, dan hasil belajar belajar peserta didik?

Dari hasil pemetaan asset sekolah ditemukan pemetaan ke 4 yakni pada asset lingkungan yang bisa diguanakan untuk pengihjauan dan sebagai penunjang pembelajaran .

 Gali Mimpi

Apa yang ingin di capai dengan pemanfaatan asset lingkungan ?

Yang ingin dicapai dengan pemanfaatan asset lingkungan adalah terciptanya lingkungan yang hijau dan ramah anak yang bisa di gunakan sebagai media dan sarana pembelajaran .

 

Jabarkan Rencana

Bagaimana proses dan siapa yang terlibat dalam pembelajaran menggunakan media proyektor?

Yang terlibat adalah seluruh warga sekolah. Yang berproses dengan berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan sekolah yang hijau, ramah anak dan nyaman bagi semuanya. Yang bisa di gunakan untuk menunjang sarana pembelajaran.

 

Atur Eksekusi

Siapa yang akan mengawasi, memonitoring dan mengevaluasi terhadap praktik baik yang dilakukan? Apa yang menjadi indicator keberhasilan program ini?

 

Kepala sekolah , Guru rekan sejawat dan komite.

Terciptanya taman kelas yang menjadi penunjang taman sekolah. Dan terciptanya kolam sekolah yang bisa di gunakan juga sebagai sarana pembelajaran .

 

E.    Dukungan yang dibutuhkan :

Kepala sekolah sebagai supervisor, observer,rekan sejawat, penjaga sekolah, komite dan wali murid , serta  seluruh peserta didik yang terlibat,

 

Minggu, 14 November 2021

 

PGP-Angkatan 2-Temanggung-Tata Krismintoro CGP-Rancangan Aksi Paket Modul 3

 

Oleh ; Tata Krismintoro

CGP Angkatan 2 Temanggung

 

A.      Proses jalanya aksi Nyata

 

Peristiwa ( Fact )

Diskripsi singkat Aksi Nyata yang sudah dilakukan .

 

1.       Latar belakang yang di hadapi .

Latar belakang yang menjadi ide dibuatnya program

      TAKU”

( Tamanku Laboratoriumku )

.

Latar belakang program tamanku laboratoriumku ini sebenarnya merupakan bagian atau sub program dari Program “ Sabtu Gembira” ( Gerakan Merdeka Belajara insan cendekia berprofil Pelajar Pancasila ) . Program “TAKU” ini yang sejatinya  merupakan pengembangan dari  kegelisahan bersama terhadap lingkungan sekolah yang kebetulan berada di daerah yang berpolusi tinggi  karena berada di daerah industri . bertolak dari hal tersebut maka perlunya mengembangkan sekolah yang mempunyai lingkungan yang sejuk , hijau ramah anak dan nyaman untuk semua. yang bisa digunakan juga  untuk mengurangi dampak polusi . maka diperlukanlah sebuah lingkungan  sekolah yang hijau dan ramah bagi anak.  Hal ini juga diperlukan untuk membangun karakter murid yang peduli terhadap lingkungannya. Sehingga kedepan karakter murid yang berkembang mempunyai sikap dan rasa peduli terhadap lingkungan. walaupun  mereka tinggal di sekitar industry tetapi daerah lingkungannya tetap terpelihara dengan baik.maka sangatlah penting untuk menjadikan lingkungan sekolah sebagai lingkungan yang hijau dengan taman sekolah yang bisa mengurangi polusi dan mengurangi panas. Diharapkan dengan adanya  lingkungan  sekolah yang hijau bisa menuju sekolah ramah anak dan nyaman untuk semua. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu lingkungan sekolah juga dikembangkan dan bisa dijadikan sebagai lingkungan tempat pembelajaran. Sehingga harapan kedepan murid tumbuh karakter dan sikap peduli terhadap lingkungan . dan bisa membudaya .

Adapun pemetean asset sekolah yang telah dilakukan  sebagai pendukung program TAKU adalah sebagai berikut ;

No

Aset

Keterangan

1

Manusia

Kepala sekolah,Guru, tenaga perpus dan penjaga sekolah,murid,komite, wali murid.

2

Sosial

Komunitas Praktisi

3

Fisik

Sarana dan Prasarana Sekolah

4

Lingkungan

Halaman sekolah  yang luas dan masih bisa dikembangkan .

5

Finansial

Dana BOS, Komite

6

Politik

Kerjasama dengan pihak lain

7

Agama & Budaya

Hari Besar Keagamaan, berdekatan dengan Pondok pesantren .

 

 

 

 

 

      Alur Proses jalannya pelaksanaan program TAKU”

       ( Tamanku Laboratoriumku )

 

a.       Penggalian harapan serta angan angan warga sekolah .

b.       Melakukan pemetaan asset sekolah .

c.       Mengkomunikasikan dan berkolaborasi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat, komite sekolah .

d.       Membuat perencanaan program .

e.       Merancang model konsep taman sekolah sebagai laboratorium alam .

f.        Memaparkan dan sosialisai rencana konsep taman  sekolahku laboratoriumku .

g.       Melaksanakan kerja bakti gotong royong  pembuatan kolam dan taman kelas .

 

 

 

2.       Yang dilakukan pada Aksinyata

berikut alasannya mengapa melakukan Aksi tersebut ;

Kegiatan yang dilakukan dalam aksinyata antara lain ,Melakukan diskusi dan komunikasi dengan kepala sekolah , rekan sejawat, komite sekolah, orang tua murid dan murid .

 Hal ini dilakukan untuk memahami maksud dan tujuan program TAKU serta sosialisasi  program tersebut .

kemudian menampung harapan harapan serta angan angan yang di inginkan . hal ini dirasa perlu untuk mewadahi aspirasi dari berbagai pihak. Dengan terlebih dahulu memberikan penjelasan tidak semua harapan mungkin bisa tercover pada program sekarang . karena program ini  akan dilakukan secara kontinyu dan berkelanjutan . dan terus berkembang .

 

Tahapan  Bagja

Panduan  Tahapan

Hasil Tahapan

B-uat

Pertanyaan

Buatlah  pertanyaan  untuk  mengarahkan  kita kepada  penelusuran  hal-hal yang  akan

kita lakukan

1.Apa yang harus dilakukan untuk menjadikan lingkungan sekolah yang ramah anak dan nyaman bagi semua ?

2. Bagaimana cara mengembangkangan karakter siswa yang kritis , mandiri, gotong royong dan berwawasan lingkungan ?

A-mbil Pelajaran

Ceritakan dan tuliskan pengalaman/ kegiatan baik  yang berhubungan dengan topik bahasan

Ø  Guru memahami 5 dasar filosofi Pendidikan KHD: menuntun, budi pekerti, kodrat anak, bermain, analogi petani, dan berpihak pada murid.

Ø  Guru memiliki tujuan dan        proses yang jelas.

Ø  Masih terdapatnya lingkungan sekolah yang bisa dikembangkan untuk taman sekolah dan taman kelas .

Ø  Dengan melakukan pembelajaran yang tidak hanya dalam kelas menjadikan murid lebih memahami dan menyukai materi.

Ø  Murid lebih senang dan gembira dengan pembelajaran yang bervariasi.

Ø  Dengan menjadikan taman sekolah dan lingkungan sekolah sebagai laboratorium sekolah minat

Murid terhadap pelajaran meningkat .

G-ali Mimpi

Buat gambaran rinci kondisi ideal atau mimpi kita terkait topik bahasan:

      Hal  positif  apa  saja yang akan terjadi di masa depan dengan adanya program TAKU”

       ( Tamanku Laboratoriumku )

 

Ø  Lingkungan sekolah menjadi asri dan hijau.

Ø  Lingkungan sekolah bisa mengurangi dampak Polusi

Ø  Lingkungan sekolah yang ramah anak dan nyaman untuk semua .

Ø  Tumbuhnya karakter murid yang berwawasan lingkungan.

Ø  Tumbuh karakter murid yang mandiri, kritis dan gotong royong .

Ø  Murid belajar dengan Bahagia dan gembira .

Ø  Variasi dalam pembelajaran

Dan bisa melakukan praktek langsung di taman sekolah dalam pembelajaran .

Ø Kedepan bisa menjadi sekolah Adiwiyata

J-abarkan

Rencana

Membuat cara/ strategi mencapai mimpi- mimpi yang sudah kita tuliskan:

      Rencana/strategi apa yang perlu dilakukan (siapa melakukan apa)?

      Bagaimana memonitor dan mengevaluasi rencana tersebut

1.    Penggalian harapan serta angan angan warga sekolah .

2.    Melakukan pemetaan asset sekolah .

3.    Mengkomunikasikan dan berkolaborasi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat, komite sekolah .

4.    Membuat perencanaan program .

5.    Merancang model konsep taman sekolah sebagai laboratorium alam .

6.    Memaparkan dan sosialisai rencana konsep taman  sekolahku laboratoriumku .

7.    Melaksanakan kerja bakti gotong royong  pembuatan kolam dan taman kelas .

8.    Koordinator Bersama kepala sekolah melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala.

A-mbil Tindakan

Menentukan tim inti program:

·      Siapa koordinator/penanggung jawab pelaksanaan program

·      Siapa yang bertugas menjadi pelatih tembang macapat

·      Bagaimana cara komunikasi/ koordinasi yang dilakukan tim (melalui pertemuan (diskusi), rapat mingguan/bulanan dll) untuk memberi kabar satu sama lain tentang jalannya program.

Ø  Penanggung Jawab kegiatan : Kepala sekolah

Ø  Koordinator Acara: Ketua tim pengembang CGP.

Ø  Koordinasi dilakukan setiap rapat rutin guru

Ø  Evaluasi dapat dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru.

 

 

Diskripsi hasil aksi nyata yang dilakukan ;

 

Kegiatan aksi nyata ini merupakan kegiatan pengembangan dari aksi nyata modul 3.2 mengenai pemetaan  aset  yaitu salah satunya Aset lingkungan . Aksi nyata ini perupakan pemanfatan lingkungan sekolah sebagai laboratorium kegiatan pembelajaran . dengan mempersiapkan lingkungan sekolah yang hijau dan nyaman bagi semua . dengan sasaran yang diharapkan  adalah tumbuhnya karakter murid yang mempunyai wawasan lingkungan , gotong royong dan mandiri . sedangkan kegiatan gotong royong proses pembuatan taman kelas dilakukan setiap hari sabtu. Dan termasuk dalam kegiatan “ SABTU GEMBIRA “. Disamping itu dengan pembuatan taman kelas maka sekolah menjadi lebih hijau asri dan nyaman .

Faktor Pendukung dan Penghambat Program

Faktor-faktor pendukung pelaksanaan program adalah

·      Koordinasi antara guru dan orang tua yang baik.

·      Guru yang mampu melakukan inovasi pembelajaran .

 

 

 Faktor-faktor penghambat pelaksanaan program adalah

·      Proses Pembuatan taman harus dilakukan secara bertahap.

·       Masih dalam kondisi pembatasan tatap muka di sekolah.

·  Beberapa murid yang belum memahami pentingnya taman sekolah / taman kelas .

 

Feeling (Perasaan)

Semua ekosistem sekolah merasa  senang dan gembira karena  adanya taman sekolah . murid juga merasa senang dengan variasi pembelajaran yang dilakukan dengan menerapkan langsung di kejadian nyata. Melihat taman kelas bisa menambah sekolah menjadi asri dan nyaman bagi semua. Sehingga suasana sekolah menjadi menyenangkan.

 

Finding (Pembelajaran) :

Keberadaan taman kelas yang menjadi sebuah taman sekolah sangat menarik untuk di kembangkan menjadi sebuah laboratorium alam.  Murid juga bisa lebih mudah dalam menangkap pembelajaran. Serta menumbuhkan  karakter sikap kritis , mandiri dan gotong royong. Bersikap kritis diantaranya saat di suguhkan dengan fenomena nyata permasalahan yang ada kemudian murid bisa menemukan solusi untuk mengatasinya. Mempunyai karakter gotong royong seperti saat memelihara tanaman, menjaga kebersihan . dan semua melakukan dengan bertanggung jawab . sehingga diharapkan murid juga bisa memliki karakter berwawasan lingkungan .

 

Future (Rencana Penerapan Ke Depan)

Rencana penerapan kedepan dilaksanankan program ini dilaksanakan secara kontinyu dan berkesinambungan . diantaranya  menambah dan mengembangkan taman kelas ini menjadi lebih lengkap lagi. Dan memfungsikan taman kelas ini menjadi Multifungsi. Sehingga bisa menunjang pembelajaran lebih kreatif , inofatif dan menyenangkan . Jika murid terbiasa melakukan kegiatan secara bergotong royong dan mempunyai kepedulian terhadap lingkungan sekitar maka diharapakan program ini menghasilkan input murid yang mempunyai Karakter Pelajar  Berprofil Pancasila .

 

Refleksi dan Evaluasi

Ø  Program taman kelas sudah bisa berjalan dengan baik. Dan bisa terwujud masing masing kelas sudah mempunyai taman.

Ø  Sudah terwujud pembuatan kolam sekolah yang bisa dimanfaatkan dengan baik .

Ø  Rencana pembuatan green houses sebagai penunjang kolam dan pemanfaatan kolam dengan fungsi ganda dengan hidroponik masih berproses .

Evaluasi Program

Program tamanku laboratoriumku  atau “TAKU “ini yang merupakan bagian atau sub dari Program “Sabtu Gembira “  mempunyai dampak positif bagi murid. Mampu membangkitkan semangat belajar kembali setelah sekian lama melakukan pembelajaran secara daring. Dengan variasi pembelajaran yang dilakukan membuat murid murid bisa bersemangat kembali dalam pembelajaran. Murid bisa melakukan kerjasama bergotong royong satu dengan yang lain. Dalam melakukan program kegiatannya dilakukan dengan bertanggung jawab ,mandiri dan mulai menampakan sikap kritis .

 Program Tamanku laboratoriumku ini juga mendapat dukungan penuh dari kepala sekolah , komite serta walimurid . dan akan dilakukan secara berkelanjutan dan kontinyu .


Dokumen ;

Berdiskusi dengan rekan sejawat komunitas praktisi ‘PEKA “ Komunitas peduli karakter
 

                                    Berdiskusi komunitas praktisi dan kepala sekolah.


                                           Pelaksanaan program .pembuatan kolam sekolah.




Dalam proses pembuatan taman juga digunakan sebagai sarana pembelajaran.

( contoh gambar  ;  konsep pecahan ).


        . Pembuatan pemanfaatan taman sebagai penunjang pembelajaran .