PGP-Angkatan
2-Temanggung-Tata Krismintoro CGP-Rancangan Aksi Paket Modul 3
Oleh ; Tata Krismintoro
CGP Angkatan 2 Temanggung
A.
Proses jalanya aksi Nyata
Peristiwa ( Fact )
Diskripsi singkat Aksi Nyata yang sudah
dilakukan .
1.
Latar belakang yang di hadapi .
Latar belakang yang menjadi ide
dibuatnya program
• “TAKU”
( Tamanku Laboratoriumku )
.
Latar belakang program tamanku
laboratoriumku ini sebenarnya merupakan bagian atau sub program dari Program “
Sabtu Gembira” ( Gerakan Merdeka Belajara insan cendekia berprofil Pelajar
Pancasila ) . Program “TAKU” ini yang sejatinya merupakan pengembangan dari kegelisahan bersama terhadap lingkungan
sekolah yang kebetulan berada di daerah yang berpolusi tinggi karena berada di daerah industri . bertolak
dari hal tersebut maka perlunya mengembangkan sekolah yang mempunyai lingkungan
yang sejuk , hijau ramah anak dan nyaman untuk semua. yang bisa digunakan juga untuk mengurangi dampak polusi . maka
diperlukanlah sebuah lingkungan sekolah
yang hijau dan ramah bagi anak. Hal ini
juga diperlukan untuk membangun karakter murid yang peduli terhadap
lingkungannya. Sehingga kedepan karakter murid yang berkembang mempunyai sikap
dan rasa peduli terhadap lingkungan. walaupun
mereka tinggal di sekitar industry tetapi daerah lingkungannya tetap
terpelihara dengan baik.maka sangatlah penting untuk menjadikan lingkungan
sekolah sebagai lingkungan yang hijau dengan taman sekolah yang bisa mengurangi
polusi dan mengurangi panas. Diharapkan dengan adanya lingkungan sekolah yang hijau bisa menuju sekolah ramah
anak dan nyaman untuk semua. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu lingkungan
sekolah juga dikembangkan dan bisa dijadikan sebagai lingkungan tempat
pembelajaran. Sehingga harapan kedepan murid tumbuh karakter dan sikap peduli
terhadap lingkungan . dan bisa membudaya .
Adapun pemetean asset sekolah
yang telah dilakukan sebagai pendukung
program TAKU adalah sebagai berikut ;
|
No |
Aset |
Keterangan |
|
1 |
Manusia |
Kepala sekolah,Guru,
tenaga perpus dan penjaga sekolah,murid,komite, wali murid. |
|
2 |
Sosial |
Komunitas Praktisi |
|
3 |
Fisik |
Sarana dan Prasarana Sekolah |
|
4 |
Lingkungan |
Halaman sekolah yang luas dan masih bisa dikembangkan . |
|
5 |
Finansial |
Dana BOS, Komite |
|
6 |
Politik |
Kerjasama dengan pihak lain |
|
7 |
Agama & Budaya |
Hari Besar Keagamaan, berdekatan dengan Pondok pesantren . |
• Alur
Proses jalannya pelaksanaan program “TAKU”
• ( Tamanku Laboratoriumku )
a.
Penggalian harapan serta angan angan warga
sekolah .
b.
Melakukan pemetaan asset sekolah .
c.
Mengkomunikasikan dan berkolaborasi dengan
kepala sekolah dan rekan sejawat, komite sekolah .
d.
Membuat perencanaan program .
e.
Merancang model konsep taman sekolah sebagai
laboratorium alam .
f.
Memaparkan dan sosialisai rencana konsep taman sekolahku laboratoriumku .
g.
Melaksanakan kerja bakti gotong royong pembuatan kolam dan taman kelas .
2.
Yang dilakukan pada Aksinyata
berikut alasannya mengapa melakukan Aksi tersebut ;
Kegiatan yang dilakukan dalam aksinyata antara lain ,Melakukan diskusi
dan komunikasi dengan kepala sekolah , rekan sejawat, komite sekolah, orang tua
murid dan murid .
Hal ini dilakukan untuk memahami maksud
dan tujuan program TAKU serta sosialisasi program tersebut .
kemudian menampung harapan harapan serta angan angan yang di inginkan .
hal ini dirasa perlu untuk mewadahi aspirasi dari berbagai pihak. Dengan
terlebih dahulu memberikan penjelasan tidak semua harapan mungkin bisa tercover
pada program sekarang . karena program ini akan dilakukan secara kontinyu dan
berkelanjutan . dan terus berkembang .
|
Tahapan
Bagja |
Panduan Tahapan |
Hasil Tahapan |
|
B-uat Pertanyaan |
Buatlah pertanyaan untuk mengarahkan
kita kepada penelusuran
hal-hal yang
akan kita lakukan |
1.Apa yang harus dilakukan untuk menjadikan
lingkungan sekolah yang ramah anak dan nyaman bagi semua ? 2. Bagaimana cara mengembangkangan karakter siswa yang kritis , mandiri,
gotong royong dan berwawasan lingkungan ? |
|
A-mbil
Pelajaran |
Ceritakan
dan tuliskan pengalaman/ kegiatan baik yang berhubungan dengan topik bahasan |
Ø Guru memahami 5 dasar filosofi Pendidikan KHD: menuntun,
budi pekerti, kodrat anak, bermain, analogi petani, dan berpihak pada murid. Ø Guru memiliki tujuan
dan proses yang jelas. Ø Masih terdapatnya lingkungan sekolah yang
bisa dikembangkan untuk taman sekolah dan taman kelas . Ø Dengan melakukan pembelajaran yang tidak
hanya dalam kelas menjadikan murid lebih memahami dan menyukai materi. Ø Murid lebih senang dan gembira dengan
pembelajaran yang bervariasi. Ø Dengan menjadikan taman sekolah dan
lingkungan sekolah sebagai laboratorium sekolah minat Murid terhadap pelajaran meningkat . |
|
G-ali
Mimpi |
Buat
gambaran rinci kondisi ideal atau mimpi kita terkait topik bahasan: • Hal
positif apa saja yang akan terjadi di masa depan dengan
adanya program “TAKU” •
( Tamanku Laboratoriumku ) |
Ø Lingkungan sekolah menjadi asri dan hijau. Ø Lingkungan sekolah bisa mengurangi dampak
Polusi Ø Lingkungan sekolah yang ramah anak dan
nyaman untuk semua . Ø Tumbuhnya karakter murid yang berwawasan
lingkungan. Ø Tumbuh karakter murid yang mandiri, kritis
dan gotong royong . Ø Murid belajar dengan Bahagia dan gembira . Ø Variasi dalam pembelajaran Dan
bisa melakukan praktek langsung di taman sekolah dalam pembelajaran . Ø Kedepan bisa menjadi sekolah Adiwiyata |
|
J-abarkan
Rencana |
Membuat
cara/ strategi mencapai mimpi- mimpi yang sudah kita tuliskan: • Rencana/strategi apa yang perlu dilakukan
(siapa melakukan apa)? • Bagaimana memonitor dan mengevaluasi rencana
tersebut |
1.
Penggalian harapan serta angan angan warga
sekolah . 2.
Melakukan pemetaan asset sekolah . 3.
Mengkomunikasikan dan berkolaborasi dengan
kepala sekolah dan rekan sejawat, komite sekolah . 4.
Membuat perencanaan program . 5.
Merancang model konsep taman sekolah sebagai
laboratorium alam . 6.
Memaparkan dan sosialisai rencana konsep
taman sekolahku laboratoriumku . 7.
Melaksanakan kerja bakti gotong royong pembuatan kolam dan taman kelas . 8.
Koordinator Bersama kepala sekolah melakukan
monitoring dan evaluasi secara berkala. |
|
A-mbil
Tindakan |
Menentukan
tim inti program: · Siapa koordinator/penanggung jawab
pelaksanaan program · Siapa yang bertugas menjadi pelatih tembang
macapat · Bagaimana cara komunikasi/ koordinasi yang
dilakukan tim (melalui pertemuan (diskusi), rapat mingguan/bulanan dll) untuk
memberi kabar satu sama lain tentang jalannya program. |
Ø Penanggung Jawab kegiatan : Kepala sekolah Ø Koordinator Acara: Ketua tim pengembang CGP. Ø Koordinasi dilakukan setiap rapat rutin guru Ø Evaluasi dapat dilakukan melalui rapat
koordinasi dengan kepala sekolah dan guru. |
Diskripsi hasil aksi nyata yang dilakukan
;
Kegiatan aksi nyata ini
merupakan kegiatan pengembangan dari aksi nyata modul 3.2 mengenai pemetaan aset yaitu salah satunya Aset lingkungan
. Aksi nyata ini perupakan pemanfatan lingkungan sekolah sebagai laboratorium
kegiatan pembelajaran . dengan mempersiapkan lingkungan sekolah yang hijau dan
nyaman bagi semua . dengan sasaran yang diharapkan adalah tumbuhnya karakter murid yang mempunyai
wawasan lingkungan , gotong royong dan mandiri . sedangkan kegiatan gotong
royong proses pembuatan taman kelas dilakukan setiap hari sabtu. Dan termasuk
dalam kegiatan “ SABTU GEMBIRA “. Disamping itu dengan pembuatan taman kelas
maka sekolah menjadi lebih hijau asri dan nyaman .
Faktor Pendukung dan
Penghambat Program
Faktor-faktor
pendukung pelaksanaan program adalah
·
Koordinasi antara guru dan orang tua yang baik.
·
Guru yang mampu melakukan inovasi pembelajaran .
Faktor-faktor
penghambat pelaksanaan program adalah
·
Proses Pembuatan taman harus dilakukan secara
bertahap.
·
Masih
dalam kondisi pembatasan tatap muka di sekolah.
· Beberapa murid yang belum memahami
pentingnya taman sekolah / taman kelas .
Feeling (Perasaan)
Semua ekosistem sekolah merasa senang dan gembira karena adanya taman sekolah . murid juga merasa
senang dengan variasi pembelajaran yang dilakukan dengan menerapkan langsung di
kejadian nyata. Melihat taman kelas bisa menambah sekolah menjadi asri dan
nyaman bagi semua. Sehingga suasana sekolah menjadi menyenangkan.
Finding (Pembelajaran) :
Keberadaan taman kelas yang menjadi sebuah taman sekolah sangat menarik
untuk di kembangkan menjadi sebuah laboratorium alam. Murid juga bisa lebih mudah dalam menangkap pembelajaran.
Serta menumbuhkan karakter sikap kritis
, mandiri dan gotong royong. Bersikap kritis diantaranya saat di suguhkan
dengan fenomena nyata permasalahan yang ada kemudian murid bisa menemukan
solusi untuk mengatasinya. Mempunyai karakter gotong royong seperti saat
memelihara tanaman, menjaga kebersihan . dan semua melakukan dengan bertanggung
jawab . sehingga diharapkan murid juga bisa memliki karakter berwawasan
lingkungan .
Future (Rencana Penerapan Ke Depan)
Rencana penerapan kedepan dilaksanankan program ini dilaksanakan secara
kontinyu dan berkesinambungan . diantaranya
menambah dan mengembangkan taman kelas ini menjadi lebih lengkap lagi.
Dan memfungsikan taman kelas ini menjadi Multifungsi. Sehingga bisa menunjang
pembelajaran lebih kreatif , inofatif dan menyenangkan . Jika murid terbiasa
melakukan kegiatan secara bergotong royong dan mempunyai kepedulian terhadap
lingkungan sekitar maka diharapakan program ini menghasilkan input murid yang
mempunyai Karakter Pelajar Berprofil
Pancasila .
Refleksi dan Evaluasi
Ø Program
taman kelas sudah bisa berjalan dengan baik. Dan bisa terwujud masing masing
kelas sudah mempunyai taman.
Ø Sudah
terwujud pembuatan kolam sekolah yang bisa dimanfaatkan dengan baik .
Ø Rencana
pembuatan green houses sebagai penunjang kolam dan pemanfaatan kolam dengan
fungsi ganda dengan hidroponik masih berproses .
Evaluasi Program
Program tamanku laboratoriumku atau “TAKU “ini yang merupakan bagian atau sub
dari Program “Sabtu Gembira “ mempunyai
dampak positif bagi murid. Mampu membangkitkan semangat belajar kembali setelah
sekian lama melakukan pembelajaran secara daring. Dengan variasi pembelajaran
yang dilakukan membuat murid murid bisa bersemangat kembali dalam pembelajaran.
Murid bisa melakukan kerjasama bergotong royong satu dengan yang lain. Dalam
melakukan program kegiatannya dilakukan dengan bertanggung jawab ,mandiri dan
mulai menampakan sikap kritis .
Program Tamanku laboratoriumku ini
juga mendapat dukungan penuh dari kepala sekolah , komite serta walimurid . dan
akan dilakukan secara berkelanjutan dan kontinyu .
Dokumen ;
Berdiskusi komunitas praktisi dan kepala sekolah.
Pelaksanaan program .pembuatan kolam sekolah.
Dalam proses pembuatan taman juga digunakan sebagai sarana pembelajaran.
( contoh gambar ; konsep pecahan ).
. Pembuatan pemanfaatan taman sebagai penunjang pembelajaran .







0 komentar:
Posting Komentar