REFERENSI SOAL LATIHAN DAN POSTEST PELATIHAN MANDIRI
PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TOPIK 1
. Latihan Pemahaman :
Sebelum memerdekakan murid dalam belajarnya, berikut yang dapat dilakukan guru?
a.
Meminta murid belajar sendiri sesuai keinginannya
b. Tidak
merasa perlu meningkatkan kompetensinya
c. Memaknai dan menghayati diri sebagai
manusia yang merdeka untuk terus belajar
d.
Mempercayakan kepada murid proses belajar tanpa bimbingan
II.
Cerita Reflektif : Peran apa yang paling dominan Anda lakukan kepada
murid-murid Anda?
Jawaban : Untuk dapat mengenali
karakteristik dan kebutuhan murid, tentu saja seorang Pendidik harus dapat
berkomunikasi dengan murid, baik didalam pembelajaran maupun diluar
pembelajaran. Sisi positif keberlangsungan komunikasi dengan guru dan murid
akan menimbulkan sisi positif lainnya yaitu senang belajar dengan belajar yang
menyenangkan.
I. Latihan Pemahaman : Sebagai guru,
tindakan yang perlu dilakukan adalah...
a.
menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman
b. melanjutkan peran guru sebagai
pusat sumber pengetahuan
c. menghukum murid jika melaakukan
kesalahan
d. mengajari murid berdasarkan
pengalaman mengajar guru
Sebagai bahan belajar dan referensi, berikut ini
adalah contoh soal dan jawaban post test modul 1 Merdeka Belajar:
1. Berikut adalah salah satu contoh penerapan belajar
merdeka yang diterapkan dalam pendidikan di sekolah:
A. Mengajari murid-murid materi tentang kebudayaan
B. Guru membuatkan peraturan yang harus dipatuhi di
dalam kelas
C. Mempercayakan murid-murid untuk bekerja dengan
mandiri dan membimbingnya jika membutuhkan bantuan
D. Murid-murid harus mengikuti seluruh rangkaian
kegiatan belajar yang sudah dibuatkan oleh guru di sekolah
Jawaban: C
2. Apa definisi manusia merdeka menurut Ki Hajar
Dewantara?
A. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan
sendiri, namun perlu dibantu oleh orang-orang di sekitarnya untuk menentukan
keputusan.
B. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan
sendiri baik lahir maupun batin, tidak tergantung dengan orang lain.
C. Manusia yang fokus dengan kekuatan yang dimiliki
sehingga dapat menjalankan kehidupannya dengan merdeka.
D. Manusia yang berdiri sendiri tanpa memperdulikan
orang lain sehingga dapat mengambil keputusan sesuai dengan hati dan pikirannya
sendiri
Jawaban: B
3. Pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak
agar dapat memperbaiki...
A. Perilakunya
B. Dasar hidupnya
C. Kekuatan kodratnya
D. Potensinya
Jawaban: C
4. Berikut ini langkah-langkah awal yang harus
dilakukan oleh seorang pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang
merdeka, kecuali ...
A. Memahami peran diri menjadi pendidik
B. Menambah kapasitas diri sebagai pendidik
C. Membuat perencanaan kegiatan belajar
D. Adaptif, relevan dengan tujuan belajar murid-murid
Jawaban: B
5. Sebagai guru, apa saja pengalaman belajar yang
perlu dimaknai oleh murid?
A. Pengetahuan, keterampilan dan wawasan keilmuan,
serta pendidikan karakter
B. Pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dan sikap
untuk terus belajar
C. Pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk terus
belajar, serta mendampingi murid untuk bisa memahami dan mencapai tujuan
belajarnya
D. Keterampilan, wawasan pengetahuan, dan mengajarkan
mereka bersosialisasi
Jawaban: A
6. Untuk memberikan ilustrasi tentang pentingnya
mendidik anak, Ki Hajar Dewantara menyamakannya seperti...
A. Mendidik keluarga
B. Mendidik masyarakat
C. Mendidik teman belajar
D. Mendidik guru
Jawaban: B
7. Murid-murid kita saat ini adalah generasi digital
native, fasih berselancar di internet, mendapatkan pengetahuan bahkan
mempelajari keterampilan sesuai kebutuhan belajar mereka. Apa yang dimaksud
generasi digital native?
A. Generasi yang tumbuh di era transisi digital
B. Generasi yang tumbuh sebelum perkembangan teknologi
digital
C. Generasi yang lahir dan tumbuh di dalam era digital
D. Generasi yang menemukan teknologi digital
Jawaban: C
8. Dengan menjadi guru, apa yang kelak akan dibentuk
dengan menjadikan murid-murid sebagai bagian atau bahkan pemimpin masyarakat di
masa depan?
A. Kesenian
B. Kebudayaan
C. Adat istiadat
D. Keterampilan
Jawaban: B
9. Untuk menjadi guru yang dapat menghadapi perubahan
zaman yang dinamis, keterampilan apa yang perlu dimiliki seorang guru?
A. Inovatif
B. Efektif
C. Adaptif
D. Reflektif
Jawaban: C
10. Jika seorang guru ingin muridnya menjadi manusia
yang memiliki empati, maka ia perlu melakukan hal-hal berikut ini, kecuali....
A. Memastikan muridnya selalu sukses dalam proses
belajarnya
B. Memahami keberagaman sifat dan karakter
murid-muridnya
C. Membiasakan keberagaman sifat dan karakter
murid-muridnya
D. Menempatkan dirinya sebagai rekan belajar setara
sehingga timbul perasaan saling
Jawaban: A
*Desclaimer: kunci jawaban yang disajikan di artikel
ini adalah bersifat sebagai bahan referensi, dimungkinkan bagi guru
mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.
REFERENSI DAN INFORMASI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA MODUL 2
Silakan pelajari dan cermati setiap soal dengan baik
sebagai bahan belajar dan latihan:
1. Sebelum tahun ajaran baru dimulai, Pak Seno
menggali informasi mengenai kebutuhan dan kemampuan murid untuk merancang
pembelajaran yang akan dilakukan.
Hal yang dilakukan Pak Seno merupakan contoh penerapan
prinsip umum pembelajaran paradigma baru, yaitu…
Jawab :
Mengetahui gambaran kompetensi yang telah dicapai siswa untuk mempertimbangkan
kebutuhan capaian pembelajaran murid saat ini.
2. Untuk memberikan wawasan dan gambaran yang
kontekstual mengenai peran murid SMP Merdeka Belajar pada masa yang akan
datang, Pak Ardianto bekerja sama dengan sebuah partai politik dalam mengadakan
projek pembelajaran berbasis pelayanan masyarakat.
Apakah hal yang dilakukan oleh Pak Ardianto tersebut
tepat?
Jawab :
Tidak tepat, Pak Ardianto seharusnya memilih komunitas lain yang netral untuk
berkolaborasi dalam pembelajaran.
3. Capaian pembelajaran merupakan kompetensi yang
disusun oleh satuan pendidikan sebagai dasar rancangan pembelajaran yang harus
dilalui murid.
Jawab :
Benar
4. Capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan
konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase.
Jawab :
Benar
5. Anak mulai merepresentasikan dunianya dengan kata
dan gambar. Mereka mulai menggunakan bahasa serta gambar/simbol untuk
menggambarkan suatu konsep yang konkret.
Deskripsi tersebut menjelaskan kognitif anak pada
tahapan…
Jawab :
Pra-operasional
6. Belajar merupakan proses membangun pengetahuan baru
dan dilakukan sendiri oleh murid. Pengetahuan baru ini dibangun dari kemampuan
awal, pengalaman belajar, dan interaksi sosial yang dimiliki murid. Pandangan
tersebut sesuai dengan teori belajar yang digunakan dalam penyusunan capaian
pembelajaran, yaitu…
Jawab :
Konstruktivisme
7. Capaian pembelajaran merupakan satu-satunya acuan
yang digunakan dalam menyusun program intrakurikuler, projek penguatan profil
pelajar pancasila, dan ekstrakurikuler.
Jawab :
Salah
8. Alur Tujuan Pembelajaran merupakan kompetensi pada
capaian pembelajaran yang disusun dalam satu fase
Jawab :
Benar
9. Berikut ini merupakan penerapan pembelajaran
berdiferensiasi di kelas, kecuali…
Jawab :
Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru
10. Di awal tahun pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi
murid di kelasnya (fase C) masih memiliki kemampuan membaca seperti di fase A.
Hal yang sebaiknya tidak dilakukan Bu Sari adalah…
Jawab :
Memberikan pendampingan pada murid tersebut
11. Projek penguatan profil pelajar pancasila
dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri, tidak terikat dengan mata pelajaran
apapun.
Jawab :
Salah
12. Salah satu perubahan struktur kurikulum pada
kurikulum prototipe (Kurikulum Merdeka) di SMP adalah…
Jawab :
Mata pelajaran informatika menjadi mata pelajaran wajib.
13. (1) Gaya Hidup Berkelanjutan.
(2) Sosial dan Budaya.
(3) Bineka Tunggal Ika
(4) Bangunlah Jiwa dan Raganya.
(5) Masyarakat Demokrasi.
(6) Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI.
(7) Cinta Tanah Air.
Beberapa tema yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai
tema program projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah…
Jawab : 1,
3, 4, dan 6
14. Contoh penerapan asesmen dalam Kurikulum Prototipe
(Kurikulum Merdeka) yang tepat adalah…
Jawab : Bu
Linda melakukan asesmen diagnostik untuk membuat pemetaan kemampuan awal murid
di awal semester.
15. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Pada semester ganjil, murid hanya mempelajari
Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Pada semester genap murid hanya mempelajari
Bahasa Inggris dan PKN.
(2) Pelaksanaan dan penilaian dilakukan secara terpadu
antar-mata pelajaran.
(3) Setiap pembelajaran dilakukan terpisah antara satu
mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya.
Pernyataan yang tepat mengenai kalimat-kalimat di atas
adalah?
Jawab :
Kalimat satu merupakan gambaran alokasi waktu blok, sedangkan kalimat tiga
merupakan alokasi pembelajaran regular.
*Desclaimer: kunci jawaban yang disajikan di artikel
ini adalah bersifat sebagai bahan referensi, dimungkinkan bagi guru
mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.
Demikian informasi REFERENSI kumpulan soal dan Referensi jawaban
post test Modul 2 Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka sebagai bahan belajar.
=================================
REFERENSI JAWABAN POST TEST KURIKULUM MERDEKA MODUL 3
Berikut ini contoh soal dan kunci jawaban post test
Modul 3 Kurikulum Merdeka Belajar:
Latihan Pemahaman
1. Dasar pendidikan yang berkaitan dengan
"sifat" dan "bentuk" di mana murid berada disebut:
Trikon
Kodrat Keadaan
Kodrat Alam
Kodrat Zaman
Jawab:
Kodrat Alam
2. Kodrat Keadaan merupakan ...
bagian terpenting dari saat mengajar
bagian yang harus disadari oleh guru
bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan murid
bagian yang terpisah dari pembelajaran
Jawab:
bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan murid
3. Melalui pembelajaran di TikTok, menurut Bapak/ Ibu,
kompetensi abad 21 apa saja yg bisa terasah?
Berpikir kritis
Kreatif dan Inovatif
Komunikasi
Kolaborasi
Semua
jawaban benar
Jawab: Semua
jawaban benar
Cerita Reflektif
4. Dengan kemajuan teknologi saat ini, media apa yang
akan Anda gunakan untuk mengasah keterampilan abad ke-21 murid Anda?
Trikon
Asas Trikon
Jawab:
Trikon
Latihan Pemahaman
Pembelajaran murid sebaiknya berkesinambungan dari
waktu ke waktu. Dalam asas trikon, pernyataan tersebut merupakan asas?
Konsentris
Konvergen
Kontinuitas
Konvergenitas
Jawaban:
Kontinuitas
Cerita Reflektif
Proses pembelajaran seperti apa yang ingin Anda
perbaiki dengan menggunakan asas Trikon?
1. Menurut Ki Hadjar Dewantara, kodrat keadaan terdiri
dari...
A. Kodrat alam dan kodrat zaman
B. Kodrat alam dan kodrat dunia.
C. Kodrat zaman dan kodrat dunia.
D. Kodrat dunia dan kodrat akhirat.
Jawaban: A
2. Apa saja yang sangat dibutuhkan murid untuk
membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya?
A. Pembelajaran kontekstual dan lingkungan yang
mendukung.
B. Peran guru sebagai fasilitator dan lingkungan yang
mendukung.
C. Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran
kontekstual.
D. Keterampilan hidup dan peran guru sebagai
penghubung.
Jawaban: C
3. Kebudayaan menuju arah kesatuan kebudayaan dunia
(kemanusiaan) merupakan penjelasan dari...
A. Kontunuitas
B. Konvensi
C. Konvergen
D. Konsentris
Jawaban: C
4. Saat ini guru bukan lagi sebagai satu-satunya
sumber belajar murid. Lalu apa yang dapat guru lakukan?
A. Guru dapat berperan sebagai sumber instruksi
pembelajaran mandiri.
B. Guru dapat berperan sebagai pengawas proses belajar
di sekolah.
C. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan
sumber belajar di sekitar murid.
D. Guru dapat berperan menciptakan tujuan belajar
murid untuk mencerdaskan bangsa.
Jawaban: C
5. Selain peran guru sebagai penghubung, hal berikut
juga dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan
kodratnya...
A. Pembelajaran mandiri
B. Pembelajaran praktis
C. Pembelajaran demokratis
D. Pembelajaran kontekstual
Jawaban: D
6. Murid sebagai individu yang unik sejatinya
mendapatkan tuntunan yang sesuai dengan...
A. Minat dan potensinya
B. Tuntutan masa depan
C. Target belajar di sekolah
D. Kebutuhan lingkungannya
Jawaban: B
7. Berikut ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki
pendidik terkait potensi yang ada pada setiap murid ...
A. Kepekaan dalam mengidentifikasi potensi yang ada
pada setiap murid.
B. Kepekaan dalam menentukan potensi untuk setiap
murid
C. Menemukan dan menggali potensi kesenian yang ada
pada setiap murid.
D. Semangat dalam mengintervensi minat yang ada pada
setiap murid.
Jawaban: A
8. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang tepat dalam
merespon keunikan potensi yang ada dalam setiap murid...
A. Melakukan ujian sumatif mata pelajaran Seni Budaya
B. Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan
potensi murid
C. Menyarankan murid untuk masuk penjurusan IPS
D. Mengharuskan murid untuk bergabung kedalam ekskul
teater
Jawaban: B
9. Salah satu prinsip dalam melakukan perubahan
berkaitan dengan kemajuan kebudayaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan
terus menerus. Prinsip tersebut adalah...
A. Kontinyu
B. Konvensi
C. Konvergen
D. Konsentris
Jawaban: A
10. Berikut adalah manfaat pembelajar sepanjang hayat
yang dapat dimiliki, kecuali...
A. Mengoptimalkan potensi diri
B. Meningkatkan kualaitas hidup secara
berkesinambungan
C. Hidup dengan minimalis dan secukupnya
D. Menghadapi tantangan masa depan dan mengubahnya
menjadi peluang
Jawaban: C
*Desclaimer: kunci jawaban yang disajikan di artikel
ini adalah bersifat sebagai bahan referensi, dimungkinkan bagi guru mengeksplorasi
jawaban yang lebih baik.
Demikian informasi contoh soal dan kunci jawaban post
test Modul 3 Kurikulum Merdeka.
================================
REFERENSI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA MODUL 4
Soal dan Kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri
Topik Disiplin Positif Modul 4
1. Eno datang terlambat ke sekolah sekitar 20 menit,
Pak Hasan marah sekali karena Eno sudah seringkali terlambat. Tanpa berpikir
panjang, Pak Hasan langsung memarahi Eno dan menyuruh berlari keliling lapangan
basket sebanyak 10 kali. Tindakan Pak Hasan di sini adalah sebuah penerapan:
Jawaban :
Hukuman
2. Perbedaan utama dari hukuman dan konsekuensi
adalah:
Jawaban :
Hukuman adalah sesuatu yang menyakitkan perlu terjadi, dan sifatnya mendadak,
sementara konsekuensi telah disepakati bersama, dan pelanggar dibuat tidak
nyaman untuk sementara.
3. Siti mencoret-coret di buku Tini. Ibu Guru meminta
Siti segera membersihkan coretan di buku Tini. Tindakan Ibu Guru tersebut
adalah penerapan:
Jawaban :
Konsekuensi
4. Perbedaan utama dari Konsekuensi dan Restitusi
adalah:
Jawaban :
Bentuk konsekuensi yang diberikan bukan gagasan pelanggar, bentuk restitusi
adalah gagasan dari pelanggar.
5. Dua pernyataan di bawah ini yang menyatakan
perbedaan-perbedaan utama antara Konsekuensi dan Restitusi:
1) Konsekuensi memberikan pilihan-pilihan jalan keluar
kepada pelanggar.
2) Pemberian konsekuensi hendaknya relevan dengan
tindakan pelanggaran yang dibuat.
3) Restitusi memberikan pilihan-pilihan alternatif
yang bisa dipilih pelanggar, agar dapat menyelesaikan masalah.
4) Restitusi memberikan suatu kesempatan bagi
pelanggar untuk menghindari suatu hukuman karena guru perlu berbaik hati kepada
pelanggar.
5) Konsekuensi senantiasa memberikan pelajaran kepada
para pelanggar dengan membujuknya agar mengikuti perintah kita.
Jawaban : 2
dan 3
6. Pernyataan di bawah ini benar tentang Restitusi,
KECUALI…
Jawaban :
Restitusi memberikan alternatif-alternatif untuk menyelesaikan masalahnya.
Demikian kunci jawaban soal post test Modul 4 Kurikulum
Merdeka Bagian Disiplin Positif.
Desclaimer:
Kunci jawaban yang disajikan di artikel ini adalah bersifat
sebagai bahan referensi, dimungkinkan bagi guru mengeksplorasi jawaban yang
lebih baik.***
======================================================================
REFERENSI JAWABAN POST TEST KURIKULUM MERDEKA MODUL 5
Sebagai referensi, berikut ini contoh soal dan
jawaban post test Modul 5 Merdeka Belajar:
1. Dalam menilai pemahaman murid, pendidik
sebaiknya…
A. Menggunakan alat pengukuran lalu menyimpulkannya
B. Menggunakan alat pengukuran dengan
melibatkan murid untuk merefleksikan pemahaman dari pengalaman belajarnya
C. Menggunakan alat pengukuran yang dibuat
oleh murid
D. Menggunakan alat mengukuran yang objektif
dan dapat diukur dengan jelas
Jawaban:
B
2. Fungsi pendidikan akan berjalan sesuai
dengan apa yang dicita-citakan oleh Ki Hadjar Dewantara jika kita sebagai
pendidik memiliki beberapa pemahaman di bawah ini, kecuali..
A. Setiap murid memiliki kodrat
B. Pendidikan hanyalah sebagai tuntunan
C. Mendidik adalah menuntun murid untuk
selamat dan bahagia
D. Pendidik dapat berkehendak atas kodrat
kekuatan atau potensi murid
Jawaban:
D
3. Ing ngarso sung tulodo yang menjadi salah
satu bagian dari “Sistem Among”, artinya…
A. Di depan memberi teladan
B. Di tengah membangun kehendak
C. Di tengah membangun kehendak
D. Di samping menjadi teman
Jawaban:
A
4. Pada abad ke-21, kemampuan memecahkan
masalah, kemampuan kognitif yang kompleks, dan kemampuan sosial emosional
menjadi sangat penting bagi murid maupun guru.
Guru diharapkan menjadi contoh bagaimana bisa
mengembangkan kemampuan tersebut pada dirinya untuk meneruskannya dalam
membantu murid untuk menguasainya. Salah satu kompetensi mendasar yang
menunjang penguasaan kemampuan tersebut adalah…
A. Kompetensi pedagogi
B. Kompetensi pengetahuan
C. Kompetensi sosial
D. Kompetensi literasi
Jawaban:
D
5. Sesuai pesan Ki Hadjar Dewantara untuk
menuntun murid sesuai jamannya, maka guru perlu menumbuhkan pola pikir
pembelajar ataun growth mindset yang membuat murid…
A. Memiliki keyakinan untuk dapat terus
berkembang
B. Mau mendalami hal-hal yang disukai saja
C. Memiliki keterbukaan untuk berkomunikasi
dengan guru-guru yang diinginkan saja.
D. Mengedepankan kebenaran pendapat pribadi
Jawaban:
A
6. Murid sebagai pusat pembelajaran sehingga
dapat…
A. Mengevaluasi dan merefleksikan proses dan
capaian belajar
B. Melihat ke segala arah
C. Menjadi pusat perhatian
D. Memperoleh instruksi langsung dari banyak
mata pelajaran
Jawaban:
A
7. Dalam perkembangan diri seorang anak, yang
berkewajiban untuk menjadi teladan sebagai lingkungan terdekatnya adalah…
A. Teman di sekolah
B. Orang tua atau keluarga
C. Masyarakat
D. Guru
Jawaban:
B
8. Di bawah ini adalah tiga wadah dasar proses
pembentukan pendidikan murid (Tri Sentra Pendidikan) menurut Ki Hadjar
Dewantara, kecuali…
A. Keluarga
B. Diri sendiri
C. Pergerakan pemuda
D. Perguruan
Jawaban:
D
9. Berikut ini merupakan pernyataan yang
pendidik sebaiknya pahami, kecuali...
A. Setiap murid memiliki kodrat kekuatan/potensi
berbeda beda
B. Pendidikan hanyalalah sebgai tuntunan
C. Pendidikan dapat berkehendak atas kodrat
kekuatan atau potensi
D. Mendidik adalah menuntun murid untuk
selamat dan bahagia
10. Ada dua hal yang menjadi dasar sistem
among, yaitu...
A. Momong dan ngemong
B. Kodrat alam dan kodrat zaman
C. Kodrat alam dan kemerdekaan murid
D. Kemerdekaan murid dan Tut Wuri Handayani
Desclaimer: kunci jawaban yang disajikan di
artikel ini adalah bersifat sebagai bahan referensi, dimungkinkan bagi guru mengeksplorasi
jawaban yang lebih baik.
Demikian informasi kumpulan soal dan jawaban
post test Modul 5 Merdeka Belajar






0 komentar:
Posting Komentar