Tata Krismantara

Minggu, 02 Oktober 2022

 REFERENSI  SOAL LATIHAN DAN POSTEST  PELATIHAN MANDIRI 

PLATFORM MERDEKA MENGAJAR  TOPIK 1


 . Latihan Pemahaman : 

Sebelum memerdekakan murid dalam belajarnya, berikut yang dapat dilakukan guru?

a. Meminta murid belajar sendiri sesuai keinginannya

b. Tidak merasa perlu meningkatkan kompetensinya

c. Memaknai dan menghayati diri sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar

d. Mempercayakan kepada murid proses belajar tanpa bimbingan

 

 

II. Cerita Reflektif : Peran apa yang paling dominan Anda lakukan kepada murid-murid Anda?

Jawaban : Untuk dapat mengenali karakteristik dan kebutuhan murid, tentu saja seorang Pendidik harus dapat berkomunikasi dengan murid, baik didalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran. Sisi positif keberlangsungan komunikasi dengan guru dan murid akan menimbulkan sisi positif lainnya yaitu senang belajar dengan belajar yang menyenangkan.

 

I. Latihan Pemahaman : Sebagai guru, tindakan yang perlu dilakukan adalah...

a. menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman

b. melanjutkan peran guru sebagai pusat sumber pengetahuan

c. menghukum murid jika melaakukan kesalahan

d. mengajari murid berdasarkan pengalaman mengajar guru

 

Sebagai bahan belajar dan referensi, berikut ini adalah contoh soal dan jawaban post test modul 1 Merdeka Belajar:

1. Berikut adalah salah satu contoh penerapan belajar merdeka yang diterapkan dalam pendidikan di sekolah:

A. Mengajari murid-murid materi tentang kebudayaan

B. Guru membuatkan peraturan yang harus dipatuhi di dalam kelas

C. Mempercayakan murid-murid untuk bekerja dengan mandiri dan membimbingnya jika membutuhkan bantuan

D. Murid-murid harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan belajar yang sudah dibuatkan oleh guru di sekolah

Jawaban: C

 

2. Apa definisi manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara?

A. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri, namun perlu dibantu oleh orang-orang di sekitarnya untuk menentukan keputusan.

B. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin, tidak tergantung dengan orang lain.

C. Manusia yang fokus dengan kekuatan yang dimiliki sehingga dapat menjalankan kehidupannya dengan merdeka.

D. Manusia yang berdiri sendiri tanpa memperdulikan orang lain sehingga dapat mengambil keputusan sesuai dengan hati dan pikirannya sendiri

Jawaban: B

 

3. Pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar dapat memperbaiki...

A. Perilakunya

B. Dasar hidupnya

C. Kekuatan kodratnya

D. Potensinya

Jawaban: C

 

4. Berikut ini langkah-langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka, kecuali ...

A. Memahami peran diri menjadi pendidik

B. Menambah kapasitas diri sebagai pendidik

C. Membuat perencanaan kegiatan belajar

D. Adaptif, relevan dengan tujuan belajar murid-murid

Jawaban: B

5. Sebagai guru, apa saja pengalaman belajar yang perlu dimaknai oleh murid?

A. Pengetahuan, keterampilan dan wawasan keilmuan, serta pendidikan karakter

B. Pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dan sikap untuk terus belajar

C. Pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk terus belajar, serta mendampingi murid untuk bisa memahami dan mencapai tujuan belajarnya

D. Keterampilan, wawasan pengetahuan, dan mengajarkan mereka bersosialisasi

Jawaban: A

 

6. Untuk memberikan ilustrasi tentang pentingnya mendidik anak, Ki Hajar Dewantara menyamakannya seperti...

A. Mendidik keluarga

B. Mendidik masyarakat

C. Mendidik teman belajar

D. Mendidik guru

Jawaban: B

 

7. Murid-murid kita saat ini adalah generasi digital native, fasih berselancar di internet, mendapatkan pengetahuan bahkan mempelajari keterampilan sesuai kebutuhan belajar mereka. Apa yang dimaksud generasi digital native?

A. Generasi yang tumbuh di era transisi digital

B. Generasi yang tumbuh sebelum perkembangan teknologi digital

C. Generasi yang lahir dan tumbuh di dalam era digital

D. Generasi yang menemukan teknologi digital

Jawaban: C

 

8. Dengan menjadi guru, apa yang kelak akan dibentuk dengan menjadikan murid-murid sebagai bagian atau bahkan pemimpin masyarakat di masa depan?

 

A. Kesenian

B. Kebudayaan

C. Adat istiadat

D. Keterampilan

Jawaban: B

 

9. Untuk menjadi guru yang dapat menghadapi perubahan zaman yang dinamis, keterampilan apa yang perlu dimiliki seorang guru?

A. Inovatif

B. Efektif

C. Adaptif

D. Reflektif

Jawaban: C

 

10. Jika seorang guru ingin muridnya menjadi manusia yang memiliki empati, maka ia perlu melakukan hal-hal berikut ini, kecuali....

A. Memastikan muridnya selalu sukses dalam proses belajarnya

B. Memahami keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya

C. Membiasakan keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya

D. Menempatkan dirinya sebagai rekan belajar setara sehingga timbul perasaan saling

Jawaban: A

 

*Desclaimer: kunci jawaban yang disajikan di artikel ini adalah bersifat sebagai bahan referensi, dimungkinkan bagi guru mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.


REFERENSI DAN INFORMASI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA MODUL 2

Silakan pelajari dan cermati setiap soal dengan baik sebagai bahan belajar dan latihan:

1. Sebelum tahun ajaran baru dimulai, Pak Seno menggali informasi mengenai kebutuhan dan kemampuan murid untuk merancang pembelajaran yang akan dilakukan.

Hal yang dilakukan Pak Seno merupakan contoh penerapan prinsip umum pembelajaran paradigma baru, yaitu…

Jawab : Mengetahui gambaran kompetensi yang telah dicapai siswa untuk mempertimbangkan kebutuhan capaian pembelajaran murid saat ini.

 

2. Untuk memberikan wawasan dan gambaran yang kontekstual mengenai peran murid SMP Merdeka Belajar pada masa yang akan datang, Pak Ardianto bekerja sama dengan sebuah partai politik dalam mengadakan projek pembelajaran berbasis pelayanan masyarakat.

Apakah hal yang dilakukan oleh Pak Ardianto tersebut tepat?

Jawab : Tidak tepat, Pak Ardianto seharusnya memilih komunitas lain yang netral untuk berkolaborasi dalam pembelajaran.

3. Capaian pembelajaran merupakan kompetensi yang disusun oleh satuan pendidikan sebagai dasar rancangan pembelajaran yang harus dilalui murid.

Jawab : Benar

 

4. Capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase.

Jawab : Benar

5. Anak mulai merepresentasikan dunianya dengan kata dan gambar. Mereka mulai menggunakan bahasa serta gambar/simbol untuk menggambarkan suatu konsep yang konkret.

Deskripsi tersebut menjelaskan kognitif anak pada tahapan…

Jawab : Pra-operasional

6. Belajar merupakan proses membangun pengetahuan baru dan dilakukan sendiri oleh murid. Pengetahuan baru ini dibangun dari kemampuan awal, pengalaman belajar, dan interaksi sosial yang dimiliki murid. Pandangan tersebut sesuai dengan teori belajar yang digunakan dalam penyusunan capaian pembelajaran, yaitu…

Jawab : Konstruktivisme

 

7. Capaian pembelajaran merupakan satu-satunya acuan yang digunakan dalam menyusun program intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar pancasila, dan ekstrakurikuler.

Jawab : Salah

8. Alur Tujuan Pembelajaran merupakan kompetensi pada capaian pembelajaran yang disusun dalam satu fase

 

Jawab : Benar

9. Berikut ini merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali…

Jawab : Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru

10. Di awal tahun pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi murid di kelasnya (fase C) masih memiliki kemampuan membaca seperti di fase A. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan Bu Sari adalah…

Jawab : Memberikan pendampingan pada murid tersebut

11. Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri, tidak terikat dengan mata pelajaran apapun.

Jawab : Salah

12. Salah satu perubahan struktur kurikulum pada kurikulum prototipe (Kurikulum Merdeka) di SMP adalah…

Jawab : Mata pelajaran informatika menjadi mata pelajaran wajib.

13. (1) Gaya Hidup Berkelanjutan.

(2) Sosial dan Budaya.

(3) Bineka Tunggal Ika

(4) Bangunlah Jiwa dan Raganya.

(5) Masyarakat Demokrasi.

 

 

(6) Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI.

(7) Cinta Tanah Air.

Beberapa tema yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai tema program projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah…

Jawab : 1, 3, 4, dan 6

14. Contoh penerapan asesmen dalam Kurikulum Prototipe (Kurikulum Merdeka) yang tepat adalah…

Jawab : Bu Linda melakukan asesmen diagnostik untuk membuat pemetaan kemampuan awal murid di awal semester.

15. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

(1) Pada semester ganjil, murid hanya mempelajari Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Pada semester genap murid hanya mempelajari Bahasa Inggris dan PKN.

(2) Pelaksanaan dan penilaian dilakukan secara terpadu antar-mata pelajaran.

(3) Setiap pembelajaran dilakukan terpisah antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya.

Pernyataan yang tepat mengenai kalimat-kalimat di atas adalah?

Jawab : Kalimat satu merupakan gambaran alokasi waktu blok, sedangkan kalimat tiga merupakan alokasi pembelajaran regular.

 

 

*Desclaimer: kunci jawaban yang disajikan di artikel ini adalah bersifat sebagai bahan referensi, dimungkinkan bagi guru mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.

Demikian informasi  REFERENSI kumpulan soal dan Referensi  jawaban post test Modul 2 Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka sebagai bahan belajar.

=================================

REFERENSI JAWABAN POST TEST KURIKULUM MERDEKA MODUL 3

Berikut ini contoh soal dan kunci jawaban post test Modul 3 Kurikulum Merdeka Belajar:

Latihan Pemahaman

1. Dasar pendidikan yang berkaitan dengan "sifat" dan "bentuk" di mana murid berada disebut:

Trikon

Kodrat Keadaan

Kodrat Alam

Kodrat Zaman

Jawab: Kodrat Alam

 

 

2. Kodrat Keadaan merupakan ...

bagian terpenting dari saat mengajar

bagian yang harus disadari oleh guru

bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan murid

bagian yang terpisah dari pembelajaran

Jawab: bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan murid

 

3. Melalui pembelajaran di TikTok, menurut Bapak/ Ibu, kompetensi abad 21 apa saja yg bisa terasah?

Berpikir kritis

Kreatif dan Inovatif

Komunikasi

Kolaborasi

Semua jawaban benar

Jawab: Semua jawaban benar

 

Cerita Reflektif

4. Dengan kemajuan teknologi saat ini, media apa yang akan Anda gunakan untuk mengasah keterampilan abad ke-21 murid Anda?

Trikon

Asas Trikon

Jawab: Trikon

 

 

Latihan Pemahaman

Pembelajaran murid sebaiknya berkesinambungan dari waktu ke waktu. Dalam asas trikon, pernyataan tersebut merupakan asas?

Konsentris

Konvergen

Kontinuitas

Konvergenitas

Jawaban: Kontinuitas

Cerita Reflektif

 

Proses pembelajaran seperti apa yang ingin Anda perbaiki dengan menggunakan asas Trikon?

1. Menurut Ki Hadjar Dewantara, kodrat keadaan terdiri dari...

A. Kodrat alam dan kodrat zaman

B. Kodrat alam dan kodrat dunia.

C. Kodrat zaman dan kodrat dunia.

D. Kodrat dunia dan kodrat akhirat.

Jawaban: A

 

2. Apa saja yang sangat dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya?

A. Pembelajaran kontekstual dan lingkungan yang mendukung.

B. Peran guru sebagai fasilitator dan lingkungan yang mendukung.

C. Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran kontekstual.

D. Keterampilan hidup dan peran guru sebagai penghubung.

 

 

Jawaban: C

 

3. Kebudayaan menuju arah kesatuan kebudayaan dunia (kemanusiaan) merupakan penjelasan dari...

A. Kontunuitas

B. Konvensi

C. Konvergen

D. Konsentris

Jawaban: C

 

4. Saat ini guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar murid. Lalu apa yang dapat guru lakukan?

A. Guru dapat berperan sebagai sumber instruksi pembelajaran mandiri.

B. Guru dapat berperan sebagai pengawas proses belajar di sekolah.

C. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid.

D. Guru dapat berperan menciptakan tujuan belajar murid untuk mencerdaskan bangsa.

Jawaban: C

5. Selain peran guru sebagai penghubung, hal berikut juga dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya...

A. Pembelajaran mandiri

B. Pembelajaran praktis

C. Pembelajaran demokratis

 

D. Pembelajaran kontekstual

Jawaban: D

 

6. Murid sebagai individu yang unik sejatinya mendapatkan tuntunan yang sesuai dengan...

A. Minat dan potensinya

B. Tuntutan masa depan

C. Target belajar di sekolah

D. Kebutuhan lingkungannya

Jawaban:  B

 

7. Berikut ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki pendidik terkait potensi yang ada pada setiap murid ...

A. Kepekaan dalam mengidentifikasi potensi yang ada pada setiap murid.

B. Kepekaan dalam menentukan potensi untuk setiap murid

C. Menemukan dan menggali potensi kesenian yang ada pada setiap murid.

D. Semangat dalam mengintervensi minat yang ada pada setiap murid.

Jawaban: A

 

8. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang tepat dalam merespon keunikan potensi yang ada dalam setiap murid...

A. Melakukan ujian sumatif mata pelajaran Seni Budaya

B. Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi murid

C. Menyarankan murid untuk masuk penjurusan IPS

 

D. Mengharuskan murid untuk bergabung kedalam ekskul teater

Jawaban: B

 

9. Salah satu prinsip dalam melakukan perubahan berkaitan dengan kemajuan kebudayaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. Prinsip tersebut adalah...

A. Kontinyu

B. Konvensi

C. Konvergen

D. Konsentris

Jawaban: A

 

10. Berikut adalah manfaat pembelajar sepanjang hayat yang dapat dimiliki, kecuali...

A. Mengoptimalkan potensi diri

B. Meningkatkan kualaitas hidup secara berkesinambungan

C. Hidup dengan minimalis dan secukupnya

D. Menghadapi tantangan masa depan dan mengubahnya menjadi peluang

Jawaban: C

*Desclaimer: kunci jawaban yang disajikan di artikel ini adalah bersifat sebagai bahan referensi, dimungkinkan bagi guru mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.

Demikian informasi contoh soal dan kunci jawaban post test Modul 3 Kurikulum Merdeka.


================================


REFERENSI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA MODUL 4


Soal dan Kunci jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Disiplin Positif Modul 4

1. Eno datang terlambat ke sekolah sekitar 20 menit, Pak Hasan marah sekali karena Eno sudah seringkali terlambat. Tanpa berpikir panjang, Pak Hasan langsung memarahi Eno dan menyuruh berlari keliling lapangan basket sebanyak 10 kali. Tindakan Pak Hasan di sini adalah sebuah penerapan:

Jawaban : Hukuman

2. Perbedaan utama dari hukuman dan konsekuensi adalah:

Jawaban : Hukuman adalah sesuatu yang menyakitkan perlu terjadi, dan sifatnya mendadak, sementara konsekuensi telah disepakati bersama, dan pelanggar dibuat tidak nyaman untuk sementara.

3. Siti mencoret-coret di buku Tini. Ibu Guru meminta Siti segera membersihkan coretan di buku Tini. Tindakan Ibu Guru tersebut adalah penerapan:

Jawaban : Konsekuensi

4. Perbedaan utama dari Konsekuensi dan Restitusi adalah:

Jawaban : Bentuk konsekuensi yang diberikan bukan gagasan pelanggar, bentuk restitusi adalah gagasan dari pelanggar.

 

 

5. Dua pernyataan di bawah ini yang menyatakan perbedaan-perbedaan utama antara Konsekuensi dan Restitusi:

1) Konsekuensi memberikan pilihan-pilihan jalan keluar kepada pelanggar.

2) Pemberian konsekuensi hendaknya relevan dengan tindakan pelanggaran yang dibuat.

3) Restitusi memberikan pilihan-pilihan alternatif yang bisa dipilih pelanggar, agar dapat menyelesaikan masalah.

4) Restitusi memberikan suatu kesempatan bagi pelanggar untuk menghindari suatu hukuman karena guru perlu berbaik hati kepada pelanggar.

5) Konsekuensi senantiasa memberikan pelajaran kepada para pelanggar dengan membujuknya agar mengikuti perintah kita.

Jawaban : 2 dan 3

6. Pernyataan di bawah ini benar tentang Restitusi, KECUALI…

Jawaban : Restitusi memberikan alternatif-alternatif untuk menyelesaikan masalahnya.

Demikian kunci jawaban soal post test Modul 4 Kurikulum Merdeka Bagian Disiplin Positif.

Desclaimer: Kunci jawaban yang disajikan di artikel ini adalah bersifat sebagai bahan referensi, dimungkinkan bagi guru mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.***

======================================================================

REFERENSI  JAWABAN POST TEST KURIKULUM MERDEKA MODUL 5

 

Sebagai referensi, berikut ini contoh soal dan jawaban post test Modul 5 Merdeka Belajar:

1. Dalam menilai pemahaman murid, pendidik sebaiknya…

A. Menggunakan alat pengukuran lalu menyimpulkannya

B. Menggunakan alat pengukuran dengan melibatkan murid untuk merefleksikan pemahaman dari pengalaman belajarnya

C. Menggunakan alat pengukuran yang dibuat oleh murid

D. Menggunakan alat mengukuran yang objektif dan dapat diukur dengan jelas

Jawaban: B

 

2. Fungsi pendidikan akan berjalan sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh Ki Hadjar Dewantara jika kita sebagai pendidik memiliki beberapa pemahaman di bawah ini, kecuali..

A. Setiap murid memiliki kodrat

B. Pendidikan hanyalah sebagai tuntunan

C. Mendidik adalah menuntun murid untuk selamat dan bahagia

D. Pendidik dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi murid

Jawaban: D

 

3. Ing ngarso sung tulodo yang menjadi salah satu bagian dari “Sistem Among”, artinya…

A. Di depan memberi teladan

B. Di tengah membangun kehendak

C. Di tengah membangun kehendak

D. Di samping menjadi teman

Jawaban: A

 

4. Pada abad ke-21, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan kognitif yang kompleks, dan kemampuan sosial emosional menjadi sangat penting bagi murid maupun guru.

Guru diharapkan menjadi contoh bagaimana bisa mengembangkan kemampuan tersebut pada dirinya untuk meneruskannya dalam membantu murid untuk menguasainya. Salah satu kompetensi mendasar yang menunjang penguasaan kemampuan tersebut adalah…

A. Kompetensi pedagogi

B. Kompetensi pengetahuan

C. Kompetensi sosial

D. Kompetensi literasi

Jawaban: D

 

5. Sesuai pesan Ki Hadjar Dewantara untuk menuntun murid sesuai jamannya, maka guru perlu menumbuhkan pola pikir pembelajar ataun growth mindset yang membuat murid…

A. Memiliki keyakinan untuk dapat terus berkembang

B. Mau mendalami hal-hal yang disukai saja

C. Memiliki keterbukaan untuk berkomunikasi dengan guru-guru yang diinginkan saja.

D. Mengedepankan kebenaran pendapat pribadi

Jawaban: A

 

6. Murid sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat…

A. Mengevaluasi dan merefleksikan proses dan capaian belajar

B. Melihat ke segala arah

C. Menjadi pusat perhatian

D. Memperoleh instruksi langsung dari banyak mata pelajaran

Jawaban: A

 

7. Dalam perkembangan diri seorang anak, yang berkewajiban untuk menjadi teladan sebagai lingkungan terdekatnya adalah…

A. Teman di sekolah

B. Orang tua atau keluarga

C. Masyarakat

D. Guru

Jawaban: B

 

8. Di bawah ini adalah tiga wadah dasar proses pembentukan pendidikan murid (Tri Sentra Pendidikan) menurut Ki Hadjar Dewantara, kecuali…

A. Keluarga

B. Diri sendiri

C. Pergerakan pemuda

D. Perguruan

Jawaban: D

 

9. Berikut ini merupakan pernyataan yang pendidik sebaiknya pahami, kecuali...

A. Setiap murid memiliki kodrat kekuatan/potensi berbeda beda

B. Pendidikan hanyalalah sebgai tuntunan

C. Pendidikan dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi

D. Mendidik adalah menuntun murid untuk selamat dan bahagia

 

10. Ada dua hal yang menjadi dasar sistem among, yaitu...

A. Momong dan ngemong

B. Kodrat alam dan kodrat zaman

C. Kodrat alam dan kemerdekaan murid

D. Kemerdekaan murid dan Tut Wuri Handayani

Desclaimer: kunci jawaban yang disajikan di artikel ini adalah bersifat sebagai bahan referensi, dimungkinkan bagi guru mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.

Demikian informasi kumpulan soal dan jawaban post test Modul 5 Merdeka Belajar


0 komentar:

Posting Komentar