REFERENSI SOAL POST TEST TOPIK 2 MODUL 1 DAN 2
Post test topik 2 modul 1
1. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.
A. Benar
B. Salah
Alternatif jawaban:
B. Salah
2. Dalam
mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan
dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial
yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. Agar
murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak
murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali...
.
meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan
B. mengajak murid untuk mengantisipasi sesuai konsekuensi atas aksi yang akan
dilakukan
C. mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam
melakukan aksi nyata tersebut
D. mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari
perspektif yang berbeda.
Alternatif
jawaban:
A. Meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan
3. Pernyataan
yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah...
A. Kurikulum diubah untuk memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid
B. Perubahan kurikulummerupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri.
C. Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman
D. Perubahan kurikulum harus mengacu kepada pendidikan negara maju
Alternatif
jawaban:
C. Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman
4. Sebagai salah
satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan
untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat
materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau
berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena
materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat
menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan
level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap
murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah
lain.
Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas
adalah...
A. Hal tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam
pengembangan kurikulum.
B. Hal tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih
dahulu di sekolah perkotaan.
C. Hal tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di
sekolahnya,
D. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan
kebutuhan murid.
Alternatif
jawaban:
D. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan
kebutuhan murid
5.
Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari
pemerintah adalah...
A. tidak semua guru memiliki ompetensi yang dibuthkan untuk menjalankan
kuriklum dari pemerintah.
B. setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda.
C. kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara
berkelanjutan.
D. guru membutuhkan kurikulum yangdapta lebih dipahami dan diaplikasikan di
sekolah.
Alternatif
jawaban:
B. Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda
6. Bu Sondang
mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di
kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada buku paket,
Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan
pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang
adalah...
A. meminta murid
untuk mengerjakanlatihan sesuai yang terdapat pada buku paket.
B. melewati bagian latihan tersebut dan melanjutkan ke materi berikutnya.
C. mengajak murid untuk melakukan pengwetan dengan teknik penggaraman pada
makanan hewan lainnya.
D. mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran
yang ada di daerahnya
Alternatif
jawaban:
D. mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran
yang ada di daerahnya
7. Berikut yang merupakan hal-hal unik yang dimiliki sekolah atau yang disebut
karakteristik satuan pendidikan adalah….
A. Kondisi daerah satuan pendidikan
B. latar belakang ekonomi murid
C. sarana dan prasarana satuan pendidikan
D. semua benar
Alternatif
jawaban:
D. semua benar
8. Berdasarkan
hasil analisis diagnostic dan suvey karakter, didapatkanbahwa murid SMP Merdeka
Belaajr secara uum memiliki karkakter sebagai berikut.
(1) berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawha.
(2) memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke
jenjang yang lebih tinggi
(3) memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas
(4) memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga
Hal berikut dapat dilakuakn sekolah dalam rangka
mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi
di atas, kecuali…
A. mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olah raga sesuai minat dan
sumber daya yang ada.
B. memasukkan
pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini.
C.
mengintegrasikan muatak kewirausahaanalam pelajaran untuk menyiapkan murid
menjadi pekerja.
D. melibatkan
murid dalam usaha penghijauan sekolah
Alternatif
jawaban:.
D. melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah
Adapun kebenaran i jawaban dalam artikel ini tidak mutlak, sehingga masih terbuka kemungkinan dengan jawaban lain.
POST TEST TOPIK 2 MODUL 2
Alternatif Jawaban Post Test topik 2 Modul 2 Kurikulum Merdeka
Soal 1 dari 8
Untuk memberikan wawasan dan gambaran yang kontekstual
mengenai peran murid SMP Merdeka Belajar pada masa yang akan datang, Pak
Ardianto bekerja sama dengan sebuah partai politik dalam mengadakan projek
pembelajaran berbasis pelayanan masyarakat.
Apakah hal yang dilakukan oleh Pak Ardianto tersebut
tepat?
Tepat, karena pembelajaran dengan paradigma baru mendorong murid
untuk belajar secara kontekstual.
Tidak tepat, Pak Ardianto
seharusnya dapat memilih komunitas lain yang netral untuk berkolaborasi dalam
pembelajaran.
Tepat, karena sekolah merdeka
untuk melibatkan pihak manapun dalam menyelenggarakan pembelajaran.
Tidak tepat, karena kegiatan tersebut lebih cocok diterapkan pada
murid SMA/SMK.
Soal 2 dari 8
Capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten
esensial yang harus dicapai dalam satu fase.
Benar
Salah
Soal
3 dari 8
Belajar merupakan proses membangun pengetahuan baru dan
dilakukan sendiri oleh murid. Pengetahuan baru ini dibangun dari kemampuan
awal, pengalaman belajar, dan interaksi sosial yang dimiliki murid.
Pandangan tersebut sesuai dengan teori belajar yang
digunakan dalam penyusunan capaian pembelajaran, yaitu ….
Behaviorisme
Konstruktivisme
Kognitivisme
Taksonomi Bloom
Soal 4 dari 8
Berikut ini merupakan penerapan pembelajaran
berdiferensiasi di kelas, kecuali….
Guru mengelompokkan murid sesuai
dengan kebutuhan dan karakteristiknya.
Murid diberikan keleluasaan untuk memilih bahan belajar untuk
mendukung proses belajarnya.
Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran
yang dibuat guru
Guru melibatkan murid untuk
menentukan target belajarnya di kelas
Soal 5 dari 8
Di awal tahun pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi murid
di kelasnya (fase C) masih memiliki kemampuan membaca seperti di fase A. Hal
yang sebaiknya tidak dilakukan Bu Sari adalah….
Meminta murid tersebut untuk
kembali belajar di kelas sebelumnya
Memberikan pengayaan dan jam
tambahan membaca
Merancang perangkat ajar yang
sesuai dengan kemampuan murid.
Memberikan pendampingan pada murid tersebut
Soal 6 dari 8
Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan
dengan alokasi waktu sendiri (terpisah dari alokasi waktu intrakurikuler).
Benar
Salah
Soal 7 dari 8
Salah satu perubahan struktur kurikulum pada Kurikulum
Merdeka di jenjang SMP adalah…
Pembelajaran IPA dan IPS
dilakukan secara terpadu menjadi IPAS.
Murid dapat memilih mata pelajaran peminatan yang disediakan oleh
sekolah.
Mata pelajaran informatika merupakan mata pelajaran wajib.
Muatan pembelajaran IPAS
terintegrasi dalam mata pelajaran lain.
Soal 8 dari 8
Contoh penerapan asesmen dalam Kurikulum Merdeka yang
tepat adalah….
Bu Atikah menggunakan nilai
ulangan sebagai satu-satunya sumber penilaian untuk murid
Pak Jimi melakukan penilaian
sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara terpisah di kelas.
Bu Linda melakukan asesmen awal
pembelajaran untuk membuat pemetaan kemampuan awal murid di awal semester.
Sekolah menetapkan seluruh guru
harus menggunakan tes tulis sebagai asesmen sumatif.






0 komentar:
Posting Komentar