Tata Krismantara

Rabu, 05 Oktober 2022

 REFERENSI  SOAL POST TEST TOPIK 2 MODUL 1 DAN 2


 Post test topik 2 modul 1


1. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.
A. Benar
B. Salah
Alternatif jawaban:
B. Salah

2. Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali...

. meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan
B. mengajak murid untuk mengantisipasi sesuai konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan
C. mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut
D. mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda.

Alternatif jawaban:
A. Meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan

3. Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah...
A. Kurikulum diubah untuk memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid
B. Perubahan kurikulummerupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri.
C. Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman
D. Perubahan kurikulum harus mengacu kepada pendidikan negara maju

Alternatif jawaban:
C. Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman

4. Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain.

Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah...
A. Hal tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum.
B. Hal tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu di sekolah perkotaan.
C. Hal tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di sekolahnya,
D. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid.

Alternatif jawaban:
D. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid

5. Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah...
A. tidak semua guru memiliki ompetensi yang dibuthkan untuk menjalankan kuriklum dari pemerintah.
B. setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda.
C. kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan.
D. guru membutuhkan kurikulum yangdapta lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah.

Alternatif jawaban:
B. Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda

6. Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah...

A. meminta murid untuk mengerjakanlatihan sesuai yang terdapat pada buku paket.
B. melewati bagian latihan tersebut dan melanjutkan ke materi berikutnya.
C. mengajak murid untuk melakukan pengwetan dengan teknik penggaraman pada makanan hewan lainnya.
D. mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya

Alternatif jawaban:
D. mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya

7. Berikut yang merupakan hal-hal unik yang dimiliki sekolah atau yang disebut karakteristik satuan pendidikan adalah….
A. Kondisi daerah satuan pendidikan
B. latar belakang ekonomi murid
C. sarana dan prasarana satuan pendidikan
D. semua benar

Alternatif jawaban:
D. semua benar

8. Berdasarkan hasil analisis diagnostic dan suvey karakter, didapatkanbahwa murid SMP Merdeka Belaajr secara uum memiliki karkakter sebagai berikut.
(1) berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawha.
(2) memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
(3) memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas
(4) memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga

            Hal berikut dapat dilakuakn sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali…
A. mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olah raga sesuai minat dan sumber daya yang ada.

B. memasukkan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini.

C. mengintegrasikan muatak kewirausahaanalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi pekerja.

D. melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah

Alternatif jawaban:.
D. melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah

Adapun kebenaran i jawaban dalam artikel ini tidak mutlak, sehingga masih terbuka kemungkinan dengan jawaban lain.


POST TEST TOPIK 2 MODUL 2

Alternatif Jawaban Post Test topik 2 Modul 2 Kurikulum Merdeka

Soal 1 dari 8

Untuk memberikan wawasan dan gambaran yang kontekstual mengenai peran murid SMP Merdeka Belajar pada masa yang akan datang, Pak Ardianto bekerja sama dengan sebuah partai politik dalam mengadakan projek pembelajaran berbasis pelayanan masyarakat.

Apakah hal yang dilakukan oleh Pak Ardianto tersebut tepat?

  Tepat, karena pembelajaran dengan paradigma baru mendorong murid untuk belajar secara kontekstual.

  Tidak tepat, Pak Ardianto seharusnya dapat memilih komunitas lain yang netral untuk berkolaborasi dalam pembelajaran.

  Tepat, karena sekolah merdeka untuk melibatkan pihak manapun dalam menyelenggarakan pembelajaran.

  Tidak tepat, karena kegiatan tersebut lebih cocok diterapkan pada murid SMA/SMK.

Soal 2 dari 8

Capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase.

  Benar

  Salah 

Soal 3 dari 8

Belajar merupakan proses membangun pengetahuan baru dan dilakukan sendiri oleh murid. Pengetahuan baru ini dibangun dari kemampuan awal, pengalaman belajar, dan interaksi sosial yang dimiliki murid.

Pandangan tersebut sesuai dengan teori belajar yang digunakan dalam penyusunan capaian pembelajaran, yaitu ….

  Behaviorisme

  Konstruktivisme

  Kognitivisme

  Taksonomi Bloom

Soal 4 dari 8

Berikut ini merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali….

  Guru mengelompokkan murid sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya.

  Murid diberikan keleluasaan untuk memilih bahan belajar untuk mendukung proses belajarnya.

  Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru

  Guru melibatkan murid untuk menentukan target belajarnya di kelas

Soal 5 dari 8

Di awal tahun pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi murid di kelasnya (fase C) masih memiliki kemampuan membaca seperti di fase A. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan Bu Sari adalah….

  Meminta murid tersebut untuk kembali belajar di kelas sebelumnya

  Memberikan pengayaan dan jam tambahan membaca

  Merancang perangkat ajar yang sesuai dengan kemampuan murid.

  Memberikan pendampingan pada murid tersebut

Soal 6 dari 8

Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri (terpisah dari alokasi waktu intrakurikuler).

  Benar

  Salah

Soal 7 dari 8

Salah satu perubahan struktur kurikulum pada Kurikulum Merdeka di jenjang SMP adalah…

  Pembelajaran IPA dan IPS dilakukan secara terpadu menjadi IPAS.

  Murid dapat memilih mata pelajaran peminatan yang disediakan oleh sekolah.

  Mata pelajaran informatika merupakan mata pelajaran wajib.

  Muatan pembelajaran IPAS terintegrasi dalam mata pelajaran lain.

Soal 8 dari 8

Contoh penerapan asesmen dalam Kurikulum Merdeka yang tepat adalah….

  Bu Atikah menggunakan nilai ulangan sebagai satu-satunya sumber penilaian untuk murid

  Pak Jimi melakukan penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara terpisah di kelas.

  Bu Linda melakukan asesmen awal pembelajaran untuk membuat pemetaan kemampuan awal murid di awal semester.

  Sekolah menetapkan seluruh guru harus menggunakan tes tulis sebagai asesmen sumatif.


0 komentar:

Posting Komentar