Tata Krismantara

Rabu, 30 Juni 2021

 

Aksi Nyata 1.3.

Oleh Tata krismintoro. CGP Angkatan 2 Temanggung. 

SD Negeri Nguwet Kranggan Temanggung ,


Latar Belakang.

Modul 1.3. penerapan inkuiri Apresiatif dengan management BAGJA

   

 BAGJA adalah sebuah model manajement perubahan yang menggunakan inkuiri apresiataif . pada manajement BAGJA ini menjelaskan cara dan langkah - langkah yang dilakukan untuk gerakan perubahan di sekolah . melalui manajement BAGJA ini dijelaskan cara dan langkah - langkah yang dilakukan untuk membuat rencana melakukan sebuah gerakan menjadi program kegiatan .

    Pada aksinyata kali ini saya menggunakan BAGJA untuk membuat program yang akan dilakukan. Agar kegiatan aksi nyata pada modul 1.3 ini bisa terlaksana dengan baik . dan sebagai strategi pengenalan kekuatan dan potensi murid juga sekaligus sebagai cara untuk memujudkan visi sekolah. Yang dalam hal ini sudah barang tentu untuk melaksanakan program kegiatan akan melibatkan seluruh ekosistem sekolah. Yakni kepala sekolah, rekan sejawat, siswa komite sekolah dan pihak pihak lain yang berkopenten .

    Untuk kegiatan kali ini saya sebagai calon guru penggerak memilih membuat sebuah terobosan kegiatan yang dinamakan Sabtu Gembira . atau kepanjangannya dari ; “Gerakan Merdeka Belajar Insan Cendekia Berahklak Mulia” .

Mengapa saya memilih Program Sabtu Gembira ini . karena kegiatan ini pada awalnya hanya   kegiatan Senam pagi dan kadang dilanjutkan dengan kegiatan pungut sampah. 1 anak minimal 10 sampah.Kemudian akan dikembangkan menjadi sebuah kegiatan yang tidak hanya senam pagi atau pungut sampah. tetapi semua aspek yang terkait karakter anak mulai budi pekerti, nasionalisme,unjuk ketrampilan siswa dan  termasuk didalamnya kepedulian sesama dan lingkungan. Tidak lupa program kegiatan ini saya diskusikan terlebih dahulu dengan kepala sekolah dan rekan sejawat .

Melakukan program kegiatan di sekolah bukanlah semudah membalikan telapak tangan memerlukan komitmen dan program yang jelas agar dapat mencapai perubahan tersebut .oleh karena itu saya merasa terbantu dengan penerapan manajement BAGJA dalam menyusun program kegiatan Sabtu Gembira .

Diskripsi aksi nyata .

    Saya Memilih kegiatan Sabtu Gembira  karena kegiatan ini bertujuan mengembangkan karakter siswa secara keseluruhan baik aspek rohani, jasmani dan juga watak yang mencerminkan pelajar Pancasila. Pada kegiatan Sabtu Gembira ini selain melibatkan semua warga sekolah juga ragam kegiatan yang dilaksanakan bervariasi mulai dari Kegiatan sehat ceria, peduli lingkungan, unjuk kebolehan dan keberanian  diri pribadi siswa maupun kelompok yang dilaksanakan sesuai jadwal .

    Dengan keterlibatan seluruh guru dan murid dalam pelaksanaanya .diharapakan dapat mengembangkan karakter dan kemampuannya masing masing siswa. Juga melatih keberanian dan saling menghargai satu dengan yang lainnya .sebagai contoh murid kelas 1 menampilkan kemampuan baca tulisnya. Murid kelas 2 menampilkan menyanyi Bersama lagu wajib. Kelas 3 hafalan doa Sedangkan murid kelas 5 menampilkan kemampuan Pantomimnya  Dan sebagaianya . Apapun yang disajikan oleh murid lain semua harus saling menghargai dan menghormati. Termasuk memberikan aplaus dan support yang membangun. Dan tidak boleh saling menjelekan penampilan kelas lain. Diharapkan dari situ bisa terwujud juga sikap dan karakter siswa yang berprofil pelajara Pancasila ; seperti beriman dan bertaqwa, bergotong royong. Kreatif, bernalar kritis, mandiri dan berkebhinekaan global .

    Kondisi ideal yang diharapkan melalui kegiatan Sabtu Gembira adalah terwujudnya karakter siswa yang baik sesuai profil pelajar pancasila yang memiliki iman  dan taqwa serta siswa secara merdeka dan bahagia mampu mengembangkan diri sesuai potensi yang ada pada diri murid .

 Untuk mensukseskan program kegiatan ini saya sudah menyusun rencana  dan tindakan yang akan dilakukan untuk mewujudkan program ini . diantaranya ;

a.         membahas dan berdiskusi tentang rencan program kepada kepala sekolah dan rekan sejawat .

b. Menyusun rencana program kegiatan bersama Kepala sekolah dan teman sejawat.

c. Menyampaikan hasil  rapat kepada siswa melalui berbagai media. Seperti grup w a kelas dan sebagainya

d. Pelaksanaan Kegiatan

e. Evaluasi program.

    Pada tahap ini saya sudah membahas dan berdiskusi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat . dan mendapat dukungan penuh dari semuanya .

    Tahapan selanjutnya setelah Melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kepala Sekolah Kemudian menyampaikan kepada rekan guru mengenai rencana program kegiatan yang akan dilaksanakan, kemudian berkoordinasi menentukan jenis kegiatan apa saja yang akan dimasukkan dalam program kegiatan tersebut dilanjutkan menyusun jadwal dan time schedule beserta penanggung jawab dan petugas, kemudian menyampaikan kepada siswa dan yang terakhir evaluasi .

Refleksi Aksi

Dari tahapan program yang sudah disusun ini ada beberapa hal yang perlu di garis bawahi. Diantaranya dengan perlunya melibatkan siswa kelas tinggi untuk membantu pelaksana dilapangan dibawah pengawasan dan kontrol bapak dan ibu guru yang bertugas sesuai jadwal .kemudian mempersiapkan sarana dan prasarana yang mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan . seperti sound system, panggung dan sebagainya . sehingga perlu dibentuk kepanitiaan dalam setiap kegiatannya .

Salam dan bahagia,

salam guru penggerak


Dokumentasi .


                        Gambar 1. Kegiatan awal tiap hari sabtu. yakni senam pagi.



Gambar 2. Menyampaikan rencana kegiatan program Sabtu Gembira kepada seluruh Murid .

Gambar 4. Gerakan pentas seni dengan dipandu guru kelas murid menampilkan kemapuan yang dimilikinya.

Gambar 5. Gerakan Bersih Lingkungan sebagai bagian dari program sabtu gembira .


Gambar 6. Gerakan Peduli Lingkungan Hidup sebagai bagian dari gerakan sabtu gembira .

0 komentar:

Posting Komentar