Tata Krismantara

Senin, 14 Juni 2021

AKSI NYATA MODUL 1.2. Nilai Dan Peran Guru Penggerak .

 AKSI NYATA MODUL 1.2

 Nilai Dan Peran Guru Penggerak

 

Oleh :

Tata Krismintoro, S.Pd.

Calon Guru Penggerak Angkatan 2. Kelas B1.

Kabupaten Temanggung

Guru SDN Nguwet Kranggan Temanggung


Kata Pengantar.

Dengan mengucapkan puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat serta hidayahnya. sehingga Penulis dapat menyelesaikan laporan Aksi Nyata  Nilai dan Peran Guru Penggerak: Banyak pihak yang telah membantu kami . Untuk itu, kami menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam penyusunan laporan ini.

Harapan kami semoga laporan ini dapat membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Kami sadari bahwa laporan ini masih memerlukan ide yang dapat membangun ke depan nantinya. Maka dari itu, masukan, saran, serta kritik yang membangun sangat dibutuhkan untuk perbaikan laporan untuk kesempurnaan laporan.

A.   Latar Belakang

Proses pembelajaran di sekolah merupakan salah satu bagian yang terpenting dari pendidikan pada semua jenjang yang perlu ditingkatkan mutunya secara terus menerus. Dalam proses pembelajaran, peserta didik harus memperoleh pengalaman belajar untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Hal ini penting dilakukan semua pihak khususnya guru penggerak dalam upaya membentuk Visi “ Terwujudnya Insan Berkebudayaan Global,Berprestasi , berbudi luhur ,Berdasarkan Iman dan Taqwa .  seorang Guru Penggerak harus bisa menjalankan nilai nilai sebagai berikut ; Mandiri , Reflektif , Kolaboratif , Inovatif dan pembelajaran yang berpusat pada murid .

Sedangkan peran guru penggerak adalah peran yang dapat dilakukan untuk sekitar, diantaranya  adalah ;

1. memimpin pembelajaran

2. menggerakkan komunitas

3.  coach bagi guru lain,

4. mendorong kolaborasi antar guru

5.  mewujudkan kepeminpinan murid.

 

1.     Memimpin Pembelajaran :

Sebagai seorang guru kelas sudah barang tentu kita sudah sering melakukan peran memimpin pembelajaran . yang didalamnya mulai dari merencanakan pembelajaran, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi . sebagai calon guru penggerak kita juga sekaligus sebagai agen perubahan.yang dituntut harus mampu menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan keadaan yang ada. salah satu program yang pernah dilaksananakan adalah pembelajaran Contekstual teaching and learning atau CTL . membawa anak didik langsung ke situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari .

a.Pembelajaran constekstual di kantor Pos .


                b. Kunjungan dalam pembelajaran ke Perpusda .


2.     Menggerakkan Komunitas .


Sebagai seorang guru penggerak mempunyai peran untuk mampu menggerakkan Komunitas . seorang guru penggerak berpastipasi aktif dalam komunitas belajar untuk para rekan guru baik di sekolah maupun wilayahnya . mengerakan komunitas bisa dimulai dari lingkungan atau komunitas terkecil lebih dahulu . hal yang pernah saya lakukan diantaranya adalah ; mengerakkan KKG Sekolah. Sebagai tempat untuk saling berbagi . menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan KKG Rayon badran , menjadi Guru Inti , ikut terlibat aktif dalam salah satu anak Lembaga baru di  Organisasi PGRI yakni SLCC PGRI Temanggung .


KKG Rayon .

3.      Menjadi Coach Bagi Guru Lain .


Sebagai seorang guru penggerak juga harus mampu mendeteksi aspek-aspek yang bisa di tingkatkan dari rekan sejawat . menjadi coach dan mentor bagi guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah . seorang guru penggerak di harapkan juga mampu merefleksikan hasil pengalamannya sendiri serta guru lain  untuk di jadikan point peningkatan pembelajaran .

Sebagai mentor bagi guru lain .

Merefleksikan pengalaman untuk di bagikan bagi guru lain .



4. Mendorong Kolaborasi Antar Guru .


Membuka ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran . pada peran ini seorang guru penggerak di harapkan mampu memetakan  para pemangku kepentingan di sekolah serta luar sekolah , serta membangun dialog antar pemangku kepentingan .




5.     Mewujudkan kepemimpinan murid .


Sebagai seorang guru penggerak harus bisa mendorong peningkatan kemandirian dan kepemimpinan murid di sekolah . membantu para murid untuk mandiri dalam belajar. Serta mampu memunculkan motivasi murid untuk belajar juga mendidik karakter murid di sekolah .


Melatih murid untuk bisa menjadi pemimpin melalui latihan PBB.

 

Mendorong peningkatan kemandirian dan kepemimpinan murid melalui Pramuka .


B.   Penutup

Selanjutnya seiring berjalannya waktu dalam melakukan proses selanjutnya . adalah dengan menggerakan dan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan KKG sekolah sebagai wadah berbagi untuk meningkatkan pembelajaran. Serta mewujudkan Program ‘ SABTU GEMBIRA ‘ . atau “Gerakan merdeka belajar insan cendekia berahlak mulia “.

Demikian yang dapat penulis sampaikan tentang kegiatan aksi nyata modul 1.2 sebagai Calon Guru Penggerak (CGP). Harapan kami untuk selanjutnya akan ada perubahan ke arah yang lebih baik lagi tentang laporan juga aksi nyata yang kami laksanakan.

Terimakasih. 








.

0 komentar:

Posting Komentar