AKSI NYATA MODUL 1.2
Nilai Dan Peran Guru Penggerak
Oleh :
Tata Krismintoro, S.Pd.
Calon Guru Penggerak Angkatan 2. Kelas B1.
Kabupaten Temanggung
Kata
Pengantar.
Dengan mengucapkan puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan
Yang Maha Esa atas limpahan rahmat serta hidayahnya. sehingga Penulis dapat
menyelesaikan laporan Aksi Nyata Nilai
dan Peran Guru Penggerak: Banyak pihak yang telah membantu kami . Untuk itu,
kami menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut
berpartisipasi dalam penyusunan laporan ini.
Harapan kami semoga laporan ini dapat membantu
menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Kami sadari bahwa
laporan ini masih memerlukan ide yang dapat membangun ke depan nantinya. Maka
dari itu, masukan, saran, serta kritik yang membangun sangat dibutuhkan untuk
perbaikan laporan untuk kesempurnaan laporan.
A.
Latar Belakang
Proses pembelajaran di
sekolah merupakan salah satu bagian yang terpenting dari pendidikan pada semua
jenjang yang perlu ditingkatkan mutunya secara terus menerus. Dalam proses
pembelajaran, peserta didik harus memperoleh pengalaman belajar untuk
memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Hal ini penting dilakukan
semua pihak khususnya guru penggerak dalam upaya membentuk Visi “ Terwujudnya
Insan Berkebudayaan Global,Berprestasi , berbudi luhur ,Berdasarkan Iman dan
Taqwa . seorang Guru Penggerak harus
bisa menjalankan nilai nilai sebagai berikut ; Mandiri , Reflektif , Kolaboratif
, Inovatif dan pembelajaran yang berpusat pada murid .
Sedangkan peran guru penggerak adalah
peran yang dapat dilakukan untuk sekitar, diantaranya adalah ;
1. memimpin pembelajaran
2. menggerakkan komunitas
3. coach bagi guru lain,
4. mendorong kolaborasi antar guru
5. mewujudkan kepeminpinan
murid.
1. Memimpin Pembelajaran :
Sebagai seorang guru kelas sudah barang tentu kita
sudah sering melakukan peran memimpin pembelajaran . yang didalamnya mulai dari
merencanakan pembelajaran, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi . sebagai
calon guru penggerak kita juga sekaligus sebagai agen perubahan.yang dituntut
harus mampu menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan keadaan yang
ada. salah satu program yang pernah dilaksananakan adalah pembelajaran
Contekstual teaching and learning atau CTL . membawa anak didik langsung ke
situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara
pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari .
a.Pembelajaran constekstual di kantor Pos .
b. Kunjungan dalam pembelajaran ke Perpusda .
2. Menggerakkan Komunitas .
Sebagai seorang guru
penggerak mempunyai peran untuk mampu menggerakkan Komunitas . seorang guru
penggerak berpastipasi aktif dalam komunitas belajar untuk para rekan guru baik
di sekolah maupun wilayahnya . mengerakan komunitas bisa dimulai dari lingkungan
atau komunitas terkecil lebih dahulu . hal yang pernah saya lakukan diantaranya
adalah ; mengerakkan KKG Sekolah. Sebagai tempat untuk saling berbagi . menjadi
salah satu narasumber dalam kegiatan KKG Rayon badran , menjadi Guru Inti , ikut
terlibat aktif dalam salah satu anak Lembaga baru di Organisasi PGRI yakni SLCC PGRI Temanggung .
3. Menjadi Coach Bagi Guru Lain .
Sebagai seorang guru penggerak juga harus mampu
mendeteksi aspek-aspek yang bisa di tingkatkan dari rekan sejawat . menjadi
coach dan mentor bagi guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah .
seorang guru penggerak di harapkan juga mampu merefleksikan hasil pengalamannya
sendiri serta guru lain untuk di jadikan
point peningkatan pembelajaran .
Merefleksikan pengalaman untuk di bagikan bagi guru
lain .
4. Mendorong Kolaborasi
Antar Guru .
Membuka ruang kolaborasi
antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran . pada peran ini seorang guru penggerak di
harapkan mampu memetakan para pemangku
kepentingan di sekolah serta luar sekolah , serta membangun dialog antar
pemangku kepentingan .
5. Mewujudkan kepemimpinan
murid .
Sebagai seorang guru
penggerak harus bisa mendorong peningkatan kemandirian dan kepemimpinan murid
di sekolah . membantu para murid untuk mandiri dalam belajar. Serta mampu
memunculkan motivasi murid untuk belajar juga mendidik karakter murid di
sekolah .
Melatih murid untuk bisa menjadi pemimpin melalui latihan PBB.
Mendorong peningkatan kemandirian dan kepemimpinan murid melalui Pramuka .
B. Penutup
Selanjutnya seiring
berjalannya waktu dalam melakukan proses selanjutnya . adalah dengan
menggerakan dan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan KKG sekolah sebagai wadah
berbagi untuk meningkatkan pembelajaran. Serta mewujudkan Program ‘ SABTU
GEMBIRA ‘ . atau “Gerakan merdeka belajar insan cendekia berahlak mulia “.
Demikian yang dapat penulis sampaikan tentang kegiatan aksi nyata modul 1.2 sebagai Calon Guru Penggerak
(CGP). Harapan kami untuk selanjutnya akan ada perubahan ke arah yang lebih
baik lagi tentang laporan juga aksi nyata yang kami laksanakan.
Terimakasih.
.







0 komentar:
Posting Komentar